Sedikit Tentang ASI




Pas tau hamil, yang terbayang emang bukan tentang ASI dan menyusui. Rasanya pas hamil tuh yang kebayang melahirkan tuh gimana, dimana, bersama siapa, hihihi. 

Alhamdulillah ketemu akun twitter AIMI ASI alias Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia, mereka tuh punya kelas edukASI yang rutin dilaksanakan di kota-kota besar.

Pas saya hamil, AIMI belum pumya cabang di kota Depok. Ya sutra lah ya bok mari kita cari kota terdekat dari Depok : Jakarta atau Bogor.

Setelah pikir sana-sini, akhirnya diputuskan kita ke Bogor aja yuk! Selain bebas macet karena naik Comline, ke Bogor berarti bisa wiskul alias wisata kuliner,hahay!

Di kelas edukASI ini yang ikut bukan hanya saya looh tapi juga suami a.k.a yayangkoh tercinta jati nantiasa ahmad, fufufu.

Ngebayanginnya sih pas lahiran bisa sukses IMD ya cyiin. Apa daya rencana SC bener-bener di luar persiapan. Bahkan saya aja SC di tempat yang bukan saya biasa kontrol kan jadi udah mau diselamatin aja masih untung gitu, repot dan mustahil bisa IMD.

Emang sih di beberapa RS yang bagus di Jakarta semisal KMC bisa tuh operasi tapi juga IMD. Ya tapi sudahlah ya Alhamdulillah lewat SC saya dan Ksatria bisa diselamatkan.

Setelah No IMD at all, ada satu anugerah besar di tempat saya operasi SC, di sana terdapat peraturan rooming-in, artinya ibu melahirkan dan bayinya ditempatkan di 1 kamar berbarengan.

Ini menguntungkan sekali loh. Hohoho. Soalnya ibu jadi bisa menyusui bayi-nya sebebas mungkin.
Jadilah malam pertama kelahiran, si Ksatria suksess membangunkan 
saya dan ayahnya setiap 15 menit sekali untuk menyusu.

Tapi berkat kelas edukASI tadi saya jadi ga bingung dan paranoid anak saya kok 15 menit sekali minta nenen-nya. Itu normal bangetss.

Saya juga percaya masing-masing saya dan Ksatria lagi sama-sama belajar dalam proses menyusui ini..Jadi harus saling pengertian dan memahami #ciyeehh

Begitu pulang dari RumahBersalin saya dan keluarga sempet dibikin parno pas Ksatria jejeritan sepanjang malam.. Udah saya susuin sih tapi doi kaya nangis melulu gitu.

Sempet down juga pas ibu saya bilang mungkin itu karena ASI saya sedikit. Oh No. Itulah fallacy thinking tersering yang terjadi pada ibu menyusui. Merasa ASI sedikit. Padahal lambung bayi lahir juga masih segede gundu ya ngga mungkin lah ASI kita segayung sekali keluar. Hahaha.

Tapi saya ambil positifnya aja. Besok-nya ibu saya membuatkan saya sayur katuk dan makanan 4 sehat 5 sempurna. Alhasil ibu saya seneng begitu Ksatria nyusu-nya lahap. Hehe.

Pas dipikir2 lagi sekarang mungkin saat itu Ksatria kaget dari suasana RumahBersalin pindah ke suasana rumah kali ya. Makanya doi nangis jejeritan..

Sekarang saya mensyukuri bangett keberadaan kelaurga yang mensupport banget tentang per-ASI-an ini.. Masih kebayang deh asa-masa babyblues dimana saya mengutuk kenapa saya ga pernah bisa tidur nyenyak di malam hari karena Ksatria minta nenen tiap setengah jam sekali.


Oh, Tuhan.


Kenapa surga di telapak kaki Ibu saya jadi paham setelah menjadi Ibu.

ASI itu salah satu sebabnya surga di telapak kaki Ibu. Salah satu. 

Kenapa? Karena saya tau ada masanya kita mengalah pada situasi sehingga memberikan susu-formula (sufor).

Itu ngga benar memang tapi baik dalam menangani beberapa situasi tertentu yang dialami teman saya.

Sekarang saya merasa bersyukur bisa memberikan ASI sebebas dan sesuka Ksatria mau. Karena saya full time mother alias di rumah seharian maka Ksatria selalu bisa nenen ASI yang fresh from the oven, hihihi.

Salam ASI. Salam Kasih Sayang. Semoga tiap Ibu menyusui diberkahi Allah SWT. Semoga yang belum jadi Ibu diberkahi Allah untuk segera menjadi Ibu..Amiiin..Yudadah babaaayy~hehehe


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Sedikit Tentang ASI"

Comment