Catatan Hati Seorang Murobbi Part 3





Hai, assalamualaikum! Semuanya apa kabaaar? Saya alhamdulillah sekeluarga sehat-sehat. Kita cerita-cerita lagi yuk seputar serunya menjadi murobbi. Hehehe.


Kali ini saya mau cerita soal persiapan menjadi murobbi setiap pekannya. Apa aja sih yang saya lakukan saat akan mengisi sebuah kelompok liqo?


Hmm. Apa coba? Ada yang bisa tebak?


Tentu saja mempersiapkan materi ya… Nah, materi liqo ini sebetulnya ga boleh ngasal apalagi ngacak alias random gitu..


Diajarin gimana kok milih materi sesuai jenjang dan grand design dakwah. EAA~


Jadi setiap minggunya saya membuat persiapan berupa MEMBACA BUKU-BUKU. Iya, ga cukup satu buku. Harus dua atau tiga buku.


Kenapa? Supaya wawasan saya makin luas dan tau kemana harus mengarahkan materi biar tetap kena tujuan sekaligus ga ngebosenin.

MUROBBI CERIA, BINAAN JUGA CERIA. >,<
                                        
Hmm.. Kalau pas awal-awal kelompok liqo terbentuk biasanya saya juga bikinin games-games. Itu biar ice breaking sebelum materi sih.


Tapi alhamdulillah dua kelompok yang saya ampu sekarang udah berjalan tiga tahun. Jadilah mereka sudah saling kenal-mengenali.

Kebersamaan setiap weekend yang bikin hati sejuuk. UNCH!!
                                   
Nah! Ada sedikit tantangan nih.. Kalau binaan saya yang SMA biasanya saya masih pede-pede aja. Kebetulan saya punya binaan yang udah kerja.


Itu beda lagi sih.. Harus pas juga ngasih materinya. Ga terlalu remaja, ada unsur dewasa-nya tapi tetep sih membangun paradigma mereka tentang dakwah. EAA~


Jujur aja nih kelompok dewasa yang saya pegang sekarang itu yang kemarin saya bahas di tulisan tentang reboisasi kelompok liqo.

Ukhti-ukhti yang mostly udah kerja. Alhamdulillah liqo mereka mulai sehat lagi. YESSS!!
                                           
Heuheuheu…


Terus mereka sekarang gimana kabarnya?


Alhamdulillah banget lho udah mulai terbentuk kekompakan dan kerajinannya… HUKS. KA DEA BERSYUKUUUR BANGEEET!


Serius deh, kelompok pekerja itu rawan banget jadi penikmat liqo doang. Apaan tuh de penikmat liqo? Orang-orang yang maunya liqo doang. Titik.


Padahal kita liqo ya biar dicetak jadi orang yang siap dakwah dimana aja dan kapan aja dakwah membutuhkan.


Oh yeahh, itu syulit-syulit manjahhh gimana deh, hahaha. Mba-mba pekerja kantoran dateng liqo seminggu sekali aja udah alhamdulillah lho.


Really lho. Lebih menantang mengarahkan mereka dibanding mengarahkan yang liqo sejak SMA.


Masya Allah mereka tapi menunjukkan progress yang positif lho. Hiksss. Ka Dea terharuuuu. Bismillah, saya berusaha dan berdoa untuk mereka.


Ga boleh lagi ada anggepan bahwa kelompok liqo yang isinya pekerja itu ga muntijah (baca: produktif).


Nah, apalagi terkadang kelompok yang kita bina adalah hasil regroupping sana-sini. Itu tantangan berikutnya lagi.


Hasil regroupping sana-sini sih grup ini tapi mari jangan menyerah! Mari saling mencintai! Sarang haeyoo.. ;)
                                   
Menaikkan mood liqo mereka meski mereka terpisah dengan kawan liqo mereka sebelumnya. Bener-bener serius sih saya menggarap ini semua.


Ekekekek. Semoga bukan karena kurang kerjaan ya de? Tapi karena lillahi ta’ala ikhlas ingin jadi bagian pengusung dakwah di Indonesia khususnya sih di Depok.
CIYEE..


Materi liqo tuh harus diliat juga sesuai situasi kondisi dan kebutuhan binaan sih. Kemarin saya liat di kelompok mba-mba ini semua orang yang sudah lulus SMA.


Ada binaan saya yang usianya sudah melebihi 30 tahun bahkan. Lebih dewasa dari saya. Uh, I adore her so much!


Saya yakin sih mereka juga banyak pemahaman tentang Islamnya. Cuma kurang digali aja. Akhirnya saya bikin sesi kultum.


Kultum adalah singkatan dari kuliah tujuh menit. Sebuah sesi nasihat (tausiyah) singkat yang ga lama-lama banget.


Nah, kelompok binaan saya suruh tuh buat bergiliran kultum..


Biar ga bingung-bingung, saya minta mereka kultumnya tentang buku Islami yang mereka baca.. Ga mesti sebuku, baru sebab dua bab juga boleh.


Terus saya juga bikin sesi family tree. Ini terinspirasi sih..


Biar saling mengenal satu sama lain, setiap anggota binaan liqo saya saya gilir buat presentasi pohon keluarganya. Lengkap sama biodata dan foto-fotonya.


Alhamdulillah kultum & family tree jadi pendongkrak mood liqo lho… HUKSS.
Alhamdulillah banget mereka jadi satu sama lain mulai tertarik, mulai liat-liatan. Apa sih de, wkwk.


Yaa mulai tumbuh benih-benih ukhuwwah. Unch. Ini penting lho. Kelompok liqo tuh dibentuk pertama kali meniru sahabat Rasulullah lhoo.


Sahabat Rasulullah kan satu sama lain saling membantu, saling menjaga, cinta-mencintai karena Allah banget deh…


Makanya saya mikir keras, gimana yaa caranya biar kelompok mba pekerja juga sama kaya kelompok anak SMA. Sama-sama punya kohesi (ikatan) sosial yang kuat..


Jangan bilang kalau saya berlebihan ah. Ini biasa untuk setiap murobbi..


                                                                                                            KAKA DEA LAGI NGAPAIN SIH. WKWK...

Saya baru baca-baca lagi catatan liqo saya di tahun 2008 (jadul banget ahaha) itu juga ada program yang dibikin murobibi saya waktu itu biar kita jadi pada kompak.


Dulu sih bikin diary bareng-bareng. Jadi semua orang ngisi diary itu setiap minggunya. Ih so sweet yak. Heuheuheu.


Maksudnya mungkin ada yang malu gitu yah mau cerita-cerita jadi kan bisa nulis di diary itu….


Huaah. Pada akhirnya sih saya sebagai murobbi cuma bisa berikhtiar dan berdoa setiap minggunya. Apaan de tujuannya?


Ya setiap kelompok kompak, rajin liqo, dan produktif.. Apaan tanda produktif? Ya siap jadi murobbi.


Dan setiap minggunya saya berjibaku, tiga kelompok saat ini yang saya pegang, saya bener-bener mencurahkan semua tenaga saya.


Kalau bisa sih anak-anak dua-duanya saya titipin selama saya ngisi biar fokus. Tapi kalau ga bisa, minimal Ksatria pasti saya titipin.


Kenapa?


Ksatria sudah tau bermain dengan teman-teman. Jadi duduk dua jam dengerin emaknya ngisi liqo itu worst moment banget buat dia mah. Wkwkwk.


Pasti berakhir ricuh dan dia tantrum.


Jadilah biasanya saya hanya membawa Sena. Kalau Sena karena masih setahun ya jadi masih bisa anteng duduk nunggu dua jam. Huft, aman..


Hehehe.


Selain persiapan di atas pada akhirnya saya sadar sih ada persiapan yang lebih penting yaitu persiapan ruhiyah saya.


Dulu seorang teman liqo saya pernah mengingatkan untuk membaca Al-Qur’an banyak-banyak sebelum mengisi liqo.


Kata dia itu efektif banget untuk membersihkan hati.


Dan itu betul banget lho. Saya jadi membiasakan sebelum mengisi liqo pasti baca Al-Qur’an banyak-banyak dulu. Berasa banget hati keiisi kebaikan langsung dari sumbernya.


MasyaAllah…


Ga ada harapan lain selain saya ingin Allah mengizinkan seluruh amal dakwah membina adik-adik ini jadi tiket saya masuk syurga.


Mungkin naif tapi ngga juga kok.


Semua orang bebas memilih amal sunah unggulannya. Dakwah ini pilihan. Sunah atau wajib masih bisa didiskusikan.


Tapi saya memilih terjun ke dalamnya. Mempersiapkan kelompok demi kelompok setiap minggunya. Menampilkan sisi terbaik yang saya bisa di hadapan para binaan.


Mencintai mereka lewat doa-doa. Menunggu mereka yang lagi malas liqo untuk kembali datang liqo. Menyayangi mereka lewat nasihat-nasihat. Melihat progress mereka setiap tahun.


Kalau pada akhirnya suatu hari kelompok liqo binaan saya dibubarkan atau diregroupping karena kebutuhan, maka itulah saatnya saya mengadakan perpisahan.


Sedih pasti sih..


Malah pernah tahun kapan ya, pas Ksatria masih setahun, saya megang anak SMA sejak kelas 1 pas lulus mereka diregroupping dan dipindah murobbi, wah itu sedihnya kaya apaan tau..


Sediiih bangeeet.


Itu salah satu kelompok yang bener-bener pertama saya seriusi gituh lho. Saya emang udah megang kelompok bahkan sejak saya baru lulus SMA (tahun 2007) tapi saya juga ga langsung tau caranya jadi murobbi.


Belajarnya itu ya dari kegagalan-kegagalan… Ya kelompoknya bubar di tengah jalan, ya sepi, ya perpaduan keduanya


Huft..


Kesimpulannya apa gaess~ Menjadi murobbi itu lebih kompleks dari yang terlihat di permukaan… Semuanya butuh persiapan dan ketelatenan..


Tapi alhamdulillah sih, dengan menjadi murobbi saya semacam jadi punya pit stop, tempat saya mengisi daya jiwa saya setiap minggunya..


I really love being murobbi. Semoga kalau ada binaan saya yang baca tulisan ini, kalian istiqomahlah liqo yaaa. Dengan siapapun murobbinya it doesn’t matters….

Ukhti-ukhti yang ceria ini saya lihat bina kelas 1 hingga kini jadi mahasiswi. AH! MY GIRLS!
                                 
Berhenti bukan pilihan bagi kita.. Terus bergabung dengan dakwah atau Allah menggantikan kita dengan orang lain yang lebih siap.

I love you semua adik-adik binaan!

Uwuwww~


Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Catatan Hati Seorang Murobbi Part 3"

Farah hasan mengatakan...

Dey ma sya Allah... aku kesindir banget inih.. emang sih jd murobi itu sebenernya penjagaan terbaik utk diri sendiri yak... tp aku pun skrg merasa sdg "tidak sehat"...

Comment