Pengalaman-Pengalaman

 


Seperti inilah wajah saya sebagian besar saat saya menghabiskan waktu menjadi guru BK. Oiya, BK adalah singkatan dari Bimbingan dan Konseling. Sebagian dari kita mengenali guru BK adalah guru yang menangani anak-anak bermasalah.

Tentu kita pernah mendengar istilah:

"Hiii gue dipanggil nih ke ruang BK. Sereeeeem!"


Ya. Stigma tentang ruangan BK yang menyeramkan dan guru BK yang menangani anak bermasalah, tidak sepenuhnya salah. Memang, bimbigan dan konseling ini adalah pelajaran yang berpusat pada pelayanan untuk mengembangkan aspek dalam murid-murid.


ASPEK PRIBADI

ASPEK AKADEMIS

ASPAK SOSIAL

ASPEK KARIR


Wow ternyata hamba masih inget yak wkwkwkw 


😋😋😋😋😋


Tapi wajah saya yang capek banget di foto di atas ini memang sebagian besarnya sangat merepresentasikan sih...


Menjadi guru BK, apalagi sendirian, apalagi ruangan BK tidak tersedia, apalagi muridnya grade C, adalah kombinasi sempurna untuk membuat kita menjadi lebih tua, lebih cemberut dan lebih berminyak mukanya. 

Ahahahaha


😛😛😛😛😛


Oke, karena tulisan ini berjudul "Pengalaman-Pengalaman", gasss deh yuk kita recap apa aja siiiih pengalaman sepanjang dea menjadi guru BK. Cekidot!


Pengalaman terbaik:

Hmmm ini kayanya sih pas wisuda yah, ternyata menjadi guru SMA terus melepas anak didik kita di sebuah wisuda itu membuat hati mencelos loh. Beneran.. Padahal pada saat itu saya baru 6 bulan loh menjadi guru. Tidak heran guru yang sudah dari awal membersamai mereka, nangisnya kejer bangetttt

😭😭😭😭😭😭



Pengalaman ternyesek:

Hmmm kayanya sih ini pas ada murid yang attacking ya, ga menyerang fisik, tapi menyerang dengan lisan. Waktu itu saya shock berat melihat dia berargumen dengan sangat sinis. Cowok apalagi yang mengutarakan kalimat-kalimat tajam tersebut. Eh, udah gitu, murid cewek di kelas itu juga ikut-ikutan. Mengeluarkan argumen sinis yang seakan membuat saya menganugerahi mereka award bagian Stability = Ability to STAB

😢😢😢😢😢😢




Pengalaman termanis:

Sepertinya ini saat saya sedang memasang kabel proyektor LCD ke laptop saya di sebuah sesi pelajaran BK. Lalu tiba-tiba saya tidak bisa, tidak berhasil gitu, lama banget memasang kabel itu. Saya berujar : "Aduh maap maap bu dea failed nih". Lalu dijawab oleh murid-murid: "Enggak, Buuuu. Bu Dea gak failed kokkk"

Ya ampun auto pengen nangis sumpah aing, wkwkwkwk. Berasa di kursi psikolog terus dikasih penguatan gituloh. Aiiiih. Sungguh deh generasi anak jaman sekarang tuh fasih banget dalam mengutarakan perasaan..Pinter gitu loh

😍😍😍😍😍




Pengalaman terheroik:

Ketika menjadi pemateri P5 dengan materi konsep diri dan kepercayaan diri. Itu bener-bener jadi sayang sama diri sendiri. Karena gimana bisa ceritanya, di dalam satu hari jadi pemateri dua materi sekaligus? Gak wajar sih. Huhuhuhu. Apa gara-gara itu saya jadi resign? Hahahaha



Pengalaman tercapek:

Ketika menjadi penanggung jawab psikotes susulan sih. Itu sama satu lagi sih saat piket hari Senin. Itu sumpah sih capek banget. Kayak yang anjir ini hari kok seberat ini sih?



Pengalaman teralay:

Ketika muterin lagu Dewa 19 di kelas. Hahahaha. Ada-ada aja lu Dey




Pengalaman terbusuk:

Ketika yayasan nge-hold pembiayaan kegiatan padahal kegiatannya sudah bergulir, Itu paling awikwok banget sih. Parah dah..



Pengalaman terbikinnangis:

Ketika minggu-minggu mau resign sih. Setiap ketemu anak murid bawaannya jadi lebih sabar aja gitu. Karena tau mau resign. Huhuhuhu.



Pengalaman tersinggung:

Ketika awal-awal jadi guru terus tiap pulang on-time pasti ada guru akhwat yang nyeletuk "eh first in firs out dong, kok duluan sih"

Lah dia kan piket yah, wajar dateng jam 7 pagi (ternyata emang di perjanjian kerja sih jam 7 pagi ya harusnya, hahaha. Tapi emang itu perjanjian kerja pernah diprint dan ditandatangani? KAGAK. Itu juga asli aneh banget sih)

😆😆😆😆😆😆😆




Pengalaman terburuk:

Kayanya nggak ada sih. So far enggak ada pengalaman selama menjadi guru yang terburuk.. Kalau tersinggung, terus merasa di-attack, iya ada. Tapi kalau terburuk sih, enggak ya... 



Jadi kesimpulannya apa nih? Enggak ada. Hehehehe.


Saya juga enggak menutup fakta bahwa menjadi guru BK memang sebikin seneng itu sih... Sayang aja tekanan dan penghasilan, enggak berbanding lurus. Wkwkwk


Ohh jadi itu alasan resign

Enggak lah, gila aja


Dari awal, udah clear kok gajinya 2,2 juta

Tapi tuntutan yang setinggi langit itu loh.

Kan bikin saya mengeluarkan potensi terbaik, tapi kok ya malah banyak pengalaman yang bikin saya tersinggung

😁😁


Tapi ah sudahlah...

Intinya mah yah, begitulah adanya yah...


Jadi guru itu capek...dan saya belum siap untuk secapek itu tanpa apresiasi yang sepadan apalagi.... Beuhh. Salut sama yang udah bertahun-tahun menjadi guru.. Kalian keren!!!


Bonus:

Foto saya beberapa hari sebelum resign. Kayanya cuma saya deh yang selfie begini di ruang guru akhwat. Wkwkwkwkw




Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengalaman-Pengalaman"

Comment