Pengalaman Kuliah Di Jerman


Begitulah seharusnya pengalaman ini ditulis, hehe… Tapi akhirnya saya ga jadi ke Jerman. Dan tulisan ini akan berganti judulnya menjadi:

Pengalaman INGIN Kuliah Di Jerman

Hihihihihihihi... :’)

Jadi ceritanya pas saya SMA di sekolah kami datang agen pendidikan dari Euro Management. 

Tau kan yang menjadi penyalur bagi yang mau kuliah di Eropa

Waktu itu saya yang pengen buanget masuk Psikologi udah tau-tau sedikit tentang majunya ilmu Psikologi di benua Eropa.

Duh, langsung deh impulsivitas menyerang saya.

Huhuhu.

Saya langsung minta formulir dan tanya-tanya ini itu ke si agen.

Saya semangat banget buat ikutan prosedur dari si agen tersebut biar bisa beneran kuliah di Jerman.

Terus terus sampai rumah saya langsung ngelist dongs apa aja yang harus dibawa ke Jerman.

Ngoahahahahah :’))

Deyak adhicitahh astaghfirulloh~~~

Padahal belum keterima universitasnya, belum bisa bahasa Jermannya, ya okelah bisa belajar disono, tapi ada hal mahapenting di luar dua hal tadi

BELOM IJIN ORANG TUA, WOYY. WKWKWKWKWK

Bener-bener dah, dipikir-pikir untung eh alhamdulillaaah saya ga musnah gara-gara sikap impulsif ini. 

(((MUSNAH)))

:’))

Ya abisan cuma terpukau sedikit langsung aje gituh membelokkan keinginan seolah-olah kuliah di Jerman itu deket.

Dikata kuliah di Gunadarma Margonda.

Ini Jerman cuy ahahaha.

Sesampainya ibu saya pulang ke rumah pada hari itu, langsung saja saya kasih tau deh tuh.

Semua rencana saya.

Rencana saya yang super ngegampangin pisan itu. Ahahaha.

Ibu saya langsung mengeluarkan jurus menghadapi deyak adhicitah

Satu, iyain dulu.

Dulu, bikin dia tobat dari impulsivitas sesegera mungkin.

>,<

Gimana caranya?

Saya diminta ibu saya membuat list. 

List kelebihan dan kekurangan kalau saya berkuliah di Jerman…

Dan mulai deh, kebuka semua tuh, peluang-peluang kejadian mengerikan semisal homesick, sakit parah di Jerman, kuliah ga lulus, dan lain-lain.

Tapi di list saya itu kelebihannya tetep lebih banyak sih…hihihi…

Terus saya jadi berubah sikapnya gitu?

No. Big no.

Saya masih sangat menginginkan pergi ke Jerman.

Ya Allah beneran khas anak kecil ya, wkwkwk. Keras kepala!

Ciyyeeee;p

Akhirnya saya luluh pas mba murobbiyah yang membujuk saya.

Ternyata teman beliau beneran kuliah ke Jerman….

Seorang akhwat Depok kuliah ke Jerman

Terus gimana

Terus dia mengalami kendala di perkuliahannya. Semacam kendala bahasa dan iklim besatu jadi satu gitulah

Huks.

Dan si akhwat terkatung-katung ga jelas gitu

Beasiswanya diberhentikan karena perkuliahannya mandeg dan dia ga bisa balik ke Indonesia karena ga ada uang buat balik

Yahhhh~

Langsung deh saya patah hati sepatah-patahnya di saat itu juga

Beneran deh patah hati

Padahal mah sama yah yang disampein, giliran mba murobbiyah aja lu ngarti, dey

Wkwkwk

Ampuuuun dahh deyyya

Mba murobbiyah saya langsung kongkrit memberikan contoh nyata 

Saya tuh kayanya tipe gede niat doang kayanya hehehehe. Giliran dikasih tantangan langsung ciut dah

Tapi beneran seru sih

Maksudnya seru gitu saya sempet kepikiran serius banget untuk ambil sarjana psikologi di Jerman.

Secara kan tuh pusatnya ilmu Psikologi tuh di Jerman dan sekitarnya jadi saya emang excited banget

Tapi pas dipikir-pikir, rencana Allah selalu terbaik sih emang.

Uhuy!

Saya keterima di Psikologi UI, jurusan Psikologi terbaik di Indonesiaa…

Ahahaha narsisss~~~

Terus ketemu suami di psikologi UI jugakkk.. Akkkk!

Rencana kuliah sarjana di Jerman jadi berasa ga ada apa-apanya.

Iyah, itu setelah 12 tahun berlalu. 

Hmmmmm

Jadi kadang-kadang nih yah, kita perlu paham ga langsung hikmah dari rencana Allah itu terbuka di hadapan kita…

Kadang perlu belasan tahun agar kita paham mengapa Allah mentakdirkan kita sesuatu.

Iya sih, kalau ditanya ke dea adhicita di saat itu, dia sedih sih, terpuruk bahkan deh, mimpi ke Jermannya gagal.

:’((

Padahal mah dibelokin sama Allah ke rencana yang lebih baik~

Kamuuuh selalu tidak mau bersabaaarr wahaiii manusiiiaaaa #KosidahForLyfe

Jadilah saya sekarang senyum-senyum doang tiap liat stiker di lemari baju saya.

Stiker bertuliskan “Ayo Kuliah Di Jerman” itu masih tertempel rapih di sana….

Sebuah pengingat masa muda yang berapi-api ya ga sih, deyy?

Hahahaha…



#620kata
#harike15November

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengalaman Kuliah Di Jerman"

Comment