TILAWAH EFFECT



Pernahkah kalian merasakan Tilawah Effect?

Tilawah adalah bahasa Arab yang berarti membaca Al-Qur'an secara tartil.

Tilawah sebetulnya tidak termasuk ke dalam ibadah wajib.

Tilawah juga tidak tercantum di dalam rukun Islam.

Rukun Islam hanya berisi 5 hal, 

1. Syahadat
2. Sholat
3. Puasa
4. Zakat
5. Haji

Tapi ada hal-hal penting di luar rukun Islam. Salah satunya rukun Iman.

Dan salah satu hal di dalam rukun Iman adalah beriman terhadap Al-Qur'an.

Nah, sebetulnya gimana sih kongkrit operasionalnya beriman terhadap Al-Qur'an ini?

Disitulah letaknya tilawah....

Kongkrit operasional seseorang meyakini bahwa :

- Al Qur'an manual guidebook kehidupan dia
- Al Qur'an berisi kebenaran
- Al Qur'an adalah obat hati

Semua bermula dari kegiatan tilawah. 

Dan tilawah memang memberikan efek langsung maupun tidak langsung sih.

Kalau dari segi dalilnya, Rasulullah bersabda bahwa Allah akan memberikan pahala kepada yang membaca Al-Qur'an itu per huruf.

Bukan per kata, per sub kata, per kalimat, tapi per huruf.

Wah....

Nah, kalau tilawah effect sendiri bisa beda-beda sih ya secara personal.

Ada yang merasa mendapat inspirasi.

Ada yang merasa mendapat ketenangan.

Ada yang merasa mendapat petunjuk.

Ada yang merasa mendapat obat hati.

Kalau saya gimana?

Kalau menurut saya, tilawah itu efeknya memang beautifully beautiful banget sih.

Parah deh.

Kalau lagi tilawah nih yah, perasaan atau pikiran yang saya rasakan :

- Saya jadi teringat amanah-amanah yang harus saya lakukan

- Saya jadi merasa terkuatkan bahwa saya pasti kuat untuk melakukan apapun yang terbentang di depan sana

- Saya tau bahwa saya berada di jalur yang tepat 

- Saya merasakan sesuatu yang manis di dalam hati saya

- Saya merasa luka-luka hati saya tertutup sedikit demi sedikit

- Saya merasa semua yang lakukan tidak ada yang sia-sia

- Saya tau saya selalu ditemani Allah

Itu,

Adalah sedikit dari hal-hal yang saya rasakan atau saya pikirkan saat tilawah.

Ngga sedikit memang yang bilang bahwa kegiatan tilawah Al-Qur'an adalah penyegaran bagi hati dan jiwa.

Jangan pernah berpikir kita bisa menyelesaikan semuanya sendirian.

Kita selalu membutuhkan Allah.

Dan Allah bisa dijangkau salah satunya dengan membaca firman-Nya di dalam Al-Qur'an

:')

Dan dengan ini saya menobatkan tilawah Al-Quran sebagai salah satu kegiatan most wanted dalam keseharian.

Bener-bener most wanted.

Sampai kalau lagi haid atau nifas, saya akan pasang murottal Al-Qur'an dan hati saya akan stabil lagi.

Sedemikian labil hati lo ye Dey

Wkwkwkwk

>,<

Tanpa kelabilan hati pun kita tetap membutuhkan Al-Qur'an sih.

Karena sebetulnya Al-Qur'an menyimpan kisi-kisi bagaimana kita harus menjalani hidup ini...

Jangan bersandar pada diri sendiri.

Saya pernah mendengar itu dari seseorang.

Betapa kita ini sebetulnya sekuat-kuatnya pun tetap membutuhkan bimbingan Allah.

Dan tilawah Al-Qur'an adalah satu langkah kita menemukan bimbingan Allah tersebut.

Tetaplah membaca Al-Qur'an...

Meski sedikit
Meski terbata-bata


Tetaplah membacanya.

Saya yakin deh tilawah effect ini dirasakan semua orang , hanya saja dengan pemaknaan yang berbeda-beda.

Tetapi intinya sama insyaAllah.

Al-Qur'an adalah sumber kebaikan.

Kalau hidup terasa buruk, berputar-putar di hal-hal yang buruk, kembalilah cepat-cepat kepada Al-Qur'an.

Ambillah air wudhu, kenakan jilbabmu dan bacalah Al-Qur'an...




Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "TILAWAH EFFECT"

Comment