Kakak Ksatria


Beberapa minggu sebelum HPL (Hari Perkiraan Lahir) adiknya Ksatria, saya jadi sering banget perang urat syaraf sama si Ksatria.
Huhuhuhu. Dari mulai kemampuan dia argumentasi, kebiasaan dia mengenal jajan dari teman-temannya di lingkungan rumah, jeleknya saya mengelola emosi yang dia tiru plek-plekan.

Allahu Rabbi… Ya Allah Ya Rabbana

Udah ga terhitung berapa kali deh saya akhirnya pake jurus yang sebenarnya saya tau itu ga bener secara teori kepengasuhan.
Mulai dari teriakan, bentakan, cubitan, sentilan, menakut-nakuti, dll. Ya Allah Ya Rabbi, rasanya udah hafal di luar kepala teori-teori psikologi tentang kepengasuhan tapi kok ya gini sih  Susah amat jadi orang tua.

Pernah saya mencoba sabar, beneran duduk menunggu amarah Ksatria selesai. Hasilnya? Tangan saya sakit-sakit kena gigitan Ksatria yang mengamuk dan saya akhirnya nangis karena dipukulin sama anak sendiri.

Allahu Rabbana…. Saya merasa susahnyaaa mendidik anak pertama. Tapi terus jadi malu karena kan niatnya mau punya banyak anak

Sesuai teori, si Ksatria itu emang lagi puncaknya mengenal emosi. 

Dia lagi merasakan emosi negatif dia ingin langsung mengekspresikan. Dia lagi mau jajan langsung harus jajan.

Duuh, itu juga tuh jajan. Bikin emosi jiwa abis deh ih. Gara-gara ketularan temennya, Ksatria jadi ketularan deh suka jajan. Padahal udah dijelasin sampe berbusa kalau jajan itu dilakukan sesekali, sesudah makan berat, dan ngga berlebihan.

Eh tetep aja minta jajan kaya minta nafas, ga berhenti-henti. Huhuhuhu. Ku jadi pengen bakar warung depan rumah, kakk. Salah siapa sih nih ada warung cuma jarak bersin doang nyampe gini? T_T

Beberapa minggu menjelang punya anak dua, saya jadi refleksi.. Saya belum sesabar itu jadi ibu.. Inginnya sih jadi profesional dan sempurna banget jadi ibu.. Inginnya sih walau tinggal di lingkungan yang kaya begini masih jauh dari nilai-nilai Islami tapi pengen mendidik anak jadi anak yang baik.

Tapi apalah daya, kadang saya terkapar. Luruh dalam emosi. Kalut.
Ujung-ujungnya telpon kakanda Jati di kantor, dengan nada intonasi suara udah stres berat saya nyerocos di telepon, terus ditutup.

Ahuahahahaha. Kakanda Jati pasti abis itu telpon balik atau pulang-pulang beliin martabak buat penyejuk jiwaku #tsaaah.

Emang yak, parenting is damn hard, it’s sooo difficult ways but you have to fight you can’t turn back, there is no way to turn back. 

Halah apa sih ini. Hihihihi.

Kerjaan saya di Mungilmu kan emang bagian psikologi, nah mamam deh tuh, ketampar-tampar sendiri karena sebagai ibu saya juga compang-camping banget memperbaiki diri sendiri..

Jadi berasa kalau mendidik anak itu sebenernya mendidik ulang diri sendiri.. Di situ tantangannya di situ letak kesulitannya. Karena sesungguhnya anak-anak ini cuma meniru ortunya doang kok. 

That’s it.

Ksatria suka jajan? Saya yang pertama memperkenalkannya dengan sering membawanya ke Indomaret. Huhuhuhu.

Ksatria suka ngamuk saat marah? Saya yang pertama memperkenalkannya dengan ngamuk saat Ksatria mengajak bermain padahal saya baru mau tidur siang. Huhuhuhu.

Tapi di balik itu semua, saya selalu bilang sama diri sendiri, mendidik anak itu balasannya syurga.. Mendidik anak itu balasannya amal jariyah, yang ketika saya meninggal nanti pahalanya tetap mengalir..

Jadi, stay strong, stay fight, stay waras, Dea. Hihihihihi. Sebentar lagi ada bayi kecil imut-imut yang kerjaannya menyusu, menyusu, menyusu tiada henti tiada jeda. 

Ya Allahu Rabbana….. Jadikan hamba seorang ibu sholeha yang mampu mendidik Ksatria dan adek-adeknya menjadi anak sholeh yang taat dalam iman, taqwa senantiasa, dan berakhlak Qur’ani.

Amiiiin


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kakak Ksatria"

Comment