Pengajian Orang Tua Santri

Masjid Al-Muhajirin. Tempat TPA Ksatria

Hai, Assalamualaikum para pembaca.. Saya mau cerita tentang kegiatan di TPA Ksatria yaitu pengajian orang tua santri..

Jadi ceritanya ibu guru TPA Ksatria kasih ide berupa pengajian orang tua santri buat para ibu-ibu yang suka menunggui anak-anaknya ngaji. Memang sih, hampir setiap hari kalau anak-anak kelas Aisyah (3-5 tahun) itu selalu ditunggui sama ibu atau pengasuhnya.

Maklum sih namanya juga masih kecil ya. Kalau kelas sebelahnya yang usia anak SD sih udah ga pada ditungguin lagi. Nah, ibu-ibu ini sambil nungguin emang ga ngapa-ngapain sih. Asli. Ujung-ujungnya ngobrol ngalor ngidul nyaris-nyaris ghibah dan geje (ga jelas). Hiks.

Ibu guru TPA Ksatria mengajak para ibu-ibu penunggu anak TPA untuk belajar baca Qur’an gituu. Pengajiannya seminggu sekali aja setiap Selasa. Yah lumayan hitung-hitung sambil menunggu anak TPA, ibunya juga belajar Qur’an, gitu kata ibu gurunya. Saya sih setuju banget, setuju banget banget. Lha wong kadang saya merasa 1 jam menunggui Ksatria itu bisa dipake tilawah 1 juz full cuma ya kadang harus disambi juga sama ngobrol sana-sini demi alasan sosialisasi..

Akhirnya di suatu Selasa sore, Ibu guru TPA berbagi tugas, ada yang mengajari anak-anak, dan ada yang mengajari ibu-ibu. Hasilnya sungguh mengejutkan bok! Dari mulai ada ibu-ibu yang kabur, ini mah literally kabur, beringsut pergi keluar gitu pas ibu guru mau mulai. Terus ada juga yang ketawa ga habis-habis sambil bilang “Saya ga bisa ngaji, Bu Guru”, tapi pas baca masyaAllah banget dia malah ngga mau berhenti-berhenti. Ckckck.

Saya jadi berkaca banyak hal buangettt dari pengajian orang tua santri ini.. Betapa begitulah adanya realitas dakwah ammah (dakwah di masyarakat umum) ya.. Saya kan selama ini dakwahnya di kalangan pelajar, anak sekolah, minimal dia udah bisa baca Qur’an paling yang harus dipoles banyak-banyak adalah aqidah dan akhlaq (saya juga sih ini mah).

Tapi asli beneran saya banyak bengongnya saking speechless mau kasih respon apa selama pengajian orang tua santri itu.. Pas bu guru TPA Ksatria membuka pengajian dengan meminta setiap ibu baca 2 ayat Al-Qur’an, ada seorang ibu yang bilang lagi haid jadi ngga bisa baca Al-Qur’an. Pas saya inget-inget lagi, ibu-ibu ini kan yang tadi menyapa saya dan bilang kalau dia lagi hamil anak kedua juga 4bulan. KOK HAMIL BISA HAID SIH BU #SPEECHLESS #TAPISEWOT

Hihihhi ya gitu-gitu. MasyaAllah banget yah ternyata kondisi realitas masyarakat kita.. Ibu-ibu itu sebagian besar bacaan Qur’annya masih terbata-bata bangeeeet. Pas dibetulin makhrojul hurufnya sama bu guru-nya Ksatria, ada salah seorang ibu-ibu nyeletuk “Abis gimana ya bu…Al-Qur’an ga pernah jadi prioritas dalam hidup saya”

Respon saya = bingung dan mau nangis banget. Huhuhuhu. Kok enteng banget ngomong kaya gitu siiih. Duuuh itu nanti di akhirat saya ditanya ga yah saya udah berdakwah ngapain sampe ada ibu-ibu temen Ksatria ga penah menjadikan Al-Qur’an sebagai prioritasnya.
Terus habis tadarus 2 ayat setiap ibu, bu guru TPA kasih materi tentang indikator kebahagiaan dunia. 

Respon ibu-ibu :
“Duh bahagia saya mah kalau punya suami lagi, Bu.. Suami saya pergi sama janda tua, Bu”
“Saya sih kalau suami pulang bawa duit, Bu… Suami cuma suka bawa pulang bawa duit Rp 5000”

Respon Dea : ngakak dalam hati tapi speechless sih, ini soalnya kaya adegan-adegan Mamah Dedeh gitu yah konsultasinya. Huhuhu curhat dong maaah.

Pulang-pulang ke rumah sih saya cerita sama ayahnya Ksatria sambil ngakak-ngakak speechless menceritakan tingkah polah ibu-ibu temannya Ksatria itu. Tapi pas diinget-inget dipikir-pikir saya jadi sediih banget.

Iya, sedihh. Realitas masyarakat umumnya masih seperti itu siss kebanyakan.. Masukin anak ke TPA ternyata sendirinya belum lancar baca Al-Qur’an… Curhat sembarangan menjelekkan suami di hadapan orang yang baru pertama ketemu… Huhuhuhu padahal itu aib suami harus ditutupi, kan suami istri pakaian satu sama lain , itu artinya kan menutupi aib salah satu makanya. Hiks hiks.

Beneran deh saya sekarang setiap Selasa mendoakan supaya ibu-ibu temen-temen TPA Ksatria pada dateng pengajian ini. Minimal mereka jadi ada kesempatan belajar, ya belajar baca Al-Qur’an ya dapet semangat keislaman lewat materi-materi ta’lim. Tapi realitanya sih dari 3x pengajian , yang dateng cuma 5 orang dan itu pun ganti-gantian. Huhuhuhu.

Semoga ibu-ibu dan pengasuh-pengasuh temen TPA-nya Ksatria pada dikasih hidayah yah sama Allah biar dateng pengajian orang tua santri. Beneran deh, saya terharu sama guru-guru TPA-nya Ksatria yang udah tulus ngurusin ibu-ibu rempong kita-kita ini.


Sekian sedikit uneg-uneg saya persatuan ibu-ibu penunggu anak TPA, hihihihi. Kapan-kapan disambung lagi yaa. Yudadah babay.Wkwkwk


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengajian Orang Tua Santri"

Comment