Jangan Main-Main dengan Penulis

Jangan main-main dengan penulis

Sebab luka diubahnya jadi puisi

Sebab bahagia diubahnya jadi prosa

Sebab getir dilihatnya sebagai sumber inspirasi

Sebab tawa dikenangnya dengan tulisan

Jangan main-main dengan penulis

Sebab hidupnya dilihatnya sangat amat serius

Yang terlupa lalu teringat selalu membuatnya bisa menulis

Yang terlintas harian jadi sumber ide abadi

Jangan main-main dengan penulis

***

Ajiyeeee Deaaaakk. Hahaha. Lagi agak puitis tiba-tiba ya seus. Beginilah penulis. Dunianya adalah kata. Sering lho saya dimana-mana tiba-tiba aja popped out gitu kata-kata atau kalimat-kalimat. Saya mencintai kegiatan mengamati peristiwa/orang/apapun itu lalu menuliskannya kembali.

Saya suka membaca tulisan orang lain. Saya dapat merasakan apa yang dia rasakan, apa yang dia lihat, apa yang ingin dia katakan.

Jangan main-main dengan penulis, kamu akan masuk kotak abadi kenangan dan selalu bisa dituliskan kembali. Ciyeh deaaak. Hahaha.

Jadi inget pas jaman kuliah dulu, lagi pulang, di pinggir pool Deborah yang sekarang udah jadi bank apa ya itu di depan gang Damai Margonda, itu dulu ada box telepon umum lho. Terus temen saya bilang sambil setengah mengancam :

“Awas nih si Dea box telepon umum aja bisa jadi tulisan”

Hahahaha. Hahahaha. Hahahaha. 

Tapi emang bener sih, pengennya sih saya nulis aja seharian. Nuliiiis aja, terus ditabok lu Dey ama laki, hahaha. Ya ngurus anak bisa sama baby sitter lah, kan ceritanya kaya Nia Bakrie. #ngok

Baru sadar deh sekarang-sekarang dream job saya tuh kayanya mostly penulis sih.. Tapi betul kata Dee Lestari penulis Rectoverso dll, untuk jadi penulis itu syaratnya banyak. Konsisten, riset, punya waktu menulis, punya family yang support menulis.

Seseorang pernah berkata,

“Dea, lu emang cocok sih nulis yang personalisasi pengalaman gitu. Tau deh apaan tuh namanya.. 
Tapi lu cocok gitu nulis penghayatan mendalam tentang sebuah pengalaman”

Ah, super thank you. Dicatet pisan sarannya, hihihi.

Saya suka menulis sejak duduk di bangku SD. Ketika pelajaran Bahasa Indonesia, guru saya menyuruh menulis 10 kalimat. Bebas deh, mau S-P-O-K atau apapun urutannya tapi pokoknya sebuah kalimat.

Ya ampuuuun itu saya senengnya meluber-luber banget kayanya deh. Hahaha. Seneng bangeeet. Kayanya mau nulis 50 kalimat kalau boleh. Sayangnya sih ngga boleh. Iyalah, halu bener lu Dey nulis 50 padahal cuma disuruhnya 10, wkwkwk.

Terus saat duduk di bangku SMA ada tugas membuat cerpen sendiri. Waaah rasanya saya dag-dig-dug berasa mau dapet pulitzer langsung. Yaah halu lagi, hihihi. Kenyataannya tentu sajaa cerpen saya standard pisan namanya juga pemula.. Tapi saya inget banget pada setiap kalimatnya rasanya saya mau meledak saking senengnya saat menuliskannya.

Hadeuh hadeuh ini antara suka menulis sama punya bipolar kayanya elu yak Dey, hihihi.

Btw, kebanyakan penulis super duper tenar memang bipolar looh. Hiks. Sedih-sedih tapi gimana ya. 

Pernah baca jurnal juga. Bahwa kreativitas dan imajinasi penulis tuh related sama gangguan bipolar. 

Buat yang belum familiar, boleh googling langsung bipolar yaak.

Kecintaan saya pada kata, kalimat, dan buku, yang sebenarnya membuat saya ridho saat memilih jurusan Ilmu Perpustakaan di pilihan ke-2 saya saat SPMB dulu.. Dalam bayangan saya jurusan itu kerjaannya baca doang di perpustakaan. Ha ha ha.. Ternyata ngga dong book. Lebih ke arah digitalized lho sekarang sih jurusan itu ya iyalah namanya juga abad 21 ya.

Pada kenyataannya sih saya sekarang masih sekadar penulis blog. Yaa ngga tau ya di masa depan. 

Saya sih sempat bilang sama suami bahwa saya mau jadi psikolog yang penulis.. Tapi pengen penulis yang bisa keliling dunia promosi buku. Yuk bilang aamiiin. Hihihi.

Jadi, selamat menulis hari-harimu setiap hari, Dea.

Dan untuk kleyan semuah hey hey jangan main-main dengan penulis ya, wakaka! :p


Salam sayang,

Ibunya Ksatria & Senapati

Dea Adhicita, penulis terkenal yang juga seorang psikolog. Mana amin-nya dong say. Hahahaha..

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Jangan Main-Main dengan Penulis"

Comment