Mimpi dan Belokan


Aku punya mimpi dan semua orang juga. Mimpi kita berupa hal yang teramat ingin kita capai. Mimpi kita sesuatu yang ingin kita raih dan begitu sangat ingin kita wujudkan. Mimpi bisa satu atau bisa banyak. Mimpi bisa kecil bagi orang lain tapi besar bagi kita. Bukankah yang memahami pentingnya mimpi kita adalah diri kita sendiri?


Mimpi dan belokan….


Pernahkan kau bermimpi bahwa untuk mencapai mimpimu kamu harus berbelok? Belum? Kenyataannya kadang seperti itu.


Mimpimu di utara sedangkan kamu berjalan menuju timur. Menjauh? Apakah dirimu menjauhi mimpi? 


Kurasa tidak. Kupikir bukan menjauhi tapi berbelok.


Belokan itu ada dimana saja dan bisa kau temui kapan saja.
Belokan itu mengerikan pada awalnya. Atau bagi spesies lebay seperti aku bisa saja itu membuat kalut. Tapi itu hanya belokan biasa, sobat.


Berpikirlah dengan tenang. Tarik nafas. Tersenyum. Dan dirimu hanya tinggal berbelok satu atau dua lagi untuk dalam posisi yang benar mengejar mimpimu.


Belokan itu kadang suatu yang terjadi tiba-tiba atau bisa kita persiapkan. Keduanya bisa terjadi. Jika yang terjadi adalah belokan yang terjadi tiba-tiba dengan cepat maka tunggulah hingga badai mereda. 


Berpegangan lah pada kitab sucimu dan sajadahmu. Itu menolong dalam kasusku.
Berbelok itu mengerikan. Oh sungguh mengerikan bisa jadi. Atau bisa saja mengasyikkan.


Aku jadi ingat ketika pulang berlibur dari Pulau Bira di Kepulauan Seribu. Aku dan 11 temanku tertinggal kapal pulang menuju Jakarta. Kami pun menyewa kapal nelayan ukuran kecil. Kami ber-12 terombang-ambing di lautan. Tiap belokan kemudi kapal serasa nyawa terhempas. Tapi salah satu temanku berseru, “Anggap saja ini wahana Dufan, kawan!!” dan akhirnya begitulah. Aku dan yang lain memekik gembira-gembira ngeri saat kapal memecah ombak. Berbelok atau menerjang lautan, ya ampun, hanya Tuhan yang menyelamatkan kami saat itu.


Belokan.


Masih ada kok mimpimu. Tenang saja, sobat.


Dalam ceritaku, doa ibu bisa menjadi penenang peningmu saat melalui belokan-belokan itu.

Tetap kuat dan tersenyum ya sobat saat berbelok! ^^




Depok,5 Februari 2014


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mimpi dan Belokan"

Comment