Tersihir Fanfic IONTBO

 

woman in front of wall 


Fanfic adalah sebutan bagi karya fiksi yang terinspirasi dari sebuah drama atau film atau serial, atau bisa juga buku. Fanfic dibut oleh fans untuk melanjutkan, mengganti, menambahkan, atau bahkan mengkombinasikan cerita dan tokoh-tokoh yang ada dalam drama, film, serial atau buku.

Untuk contoh gampangnya, kita bisa membuat sebuah fanfic dari Doraemon. Misalnya saja kita menganggap tokoh Nobita terlalu lembek dan kurang cocok untuk Shizuka. Kita dapat membuat fanfic di mana Shizuka berakhir dengan Suneo, misalnya.

Sebuah fanfic merupakan sebuah karya seni dari penggemar-penggemar yang terhanyut akan keindahan cerita dan penokohan dari sebuah film, drama, serial, ataupun buku. Fanfic sendiri tidak memiliki batasan jumlah kata.

Fanfic bagi saya pribadi merupakan sebuah katarsis (pelepasan emosi) setelah menyelesaikan sebuah serial, drama, film ataupun sebuah buku. Biasanya kita (saya sih) merasakan emosi yang campur-aduk selepas menamatkan sebuah serial, drama, ataupun buku.

Nah, emosi yang campur-aduk itu seolah merupakan oasenya saat membaca fanfic.

Dipikir-pikir lagi, sebetulnya para penulis fanfic ini berhati malaikat sekali, lho. Mereka membuat cerita, entah itu pendek, panjang ataupun sangat panjang, dan tiak memungut sepeser uangpun dari para pembacanya.

Aih, iya juga ya.

Hehehehe.

:’)

Selama ini saya sudah tahu sih bahwa beberapa buku populer memiliki deretan fanfic, sebut saja Harry Potter. Saya mendengar ada puluhan bahkan ratusan cerita fanfic yang dibentangkan dari dunia Harry Potter.

Ada yang membuat cerita Hermione tidak berakhir happy ending dengan Ron Weasley, melainkan dengan Draco Malfoy. Ada juga yang membuat cerita lanjutan dari anak-anak Harry Potter saat mereka memasuki jenjang sekolah sihir yang sama di Hogwarts.

Intinya apa sih fanfic ini? Intinya fanfic ini cerita pengembangan imajinasi dari sebuah karya populer. Dan buat saya, fanfic ini sangat-sangat menghibur sekali sih.

Fanfic ini bisa menjadi ajang pelepas rindu bagi kita-kita yang ingin kembali membaca atau membayangkan sebuah cerita dari karya seni.

Ah, baiklah.

Jadi fanfic favorit saya akhir-akhir ini (3bulan terakhir) ini adalah fanfic dari drama Korea It’s Okay To Not Be Okay. Drama satu itu sukses menjadikan banyak sekali penulis mencurahkan imajinasinya untuk membuat sebuah fanfic.

:’)

Sampai per tanggal ini saja sudah ada 190 fanfic dari drama ini. Seratus-sembilan-puluh. Itu sebuah angka yang tidak sedikit bagi jumlah fanfic lho.

Bahkan sebelum drama ini selesai atau tamat, para penulis fanfic sudah bergerilya berimajinasi membayangkan bagaimana jikalau ini dan itu sedikit berbeda, bagaimana jikalau ini dan itu dilihat dari sudut pandang berbeda.

Hasilnya apa? Bahkan sejak episode 9, fanfic drama IOTNBO ini sudah berderet memukau para fans-fans, membuat terharu, dan membuat semakin sulit move-on saja dari drama ini.

Huhuhuhuhuhu.

Saya sendiri angkat topi deh kepada para penulis fanfic IOTNBO ini. Sungguhan deh, mereka semua brilian sekali dalam mengembangkan cerita. Ada yang melajutkan episode terakhir, ada yang membuat cerita dari tokoh di drama tetapi dalam setting yang berbeda, ada juga yang mempertemukan peran Kim Soo Hyun dan Seo Yea Ji (dua pemeran utama IOTNBO) dalam sebuah fanfic.

Hasilnya apa? Hasilnya adalah ratusan cerita yang membuat saya benar-benar berdecak kagum. Benar-benar kagum….

Bayangkan saja, sudah tiga bulan berlalu sejak IONTBO selesai ditayangkan tetapi masih ada fanfic tentang mereka yang dibuat berkelanjutan sampai hari ini. Ya. Ada fanfic yang dibuat seserius itu. Dibuat hingga berchapter-chapter, sungguh kerja penulisan yang sangat berdedikasi sekali.

Huksssss.

Dan saya menemukan dua favorit fanfic saya sejauh ini. Judul yang pertama adalah Kryptonite dan judul yang kedua adalah The Inevitable Fate. Ya. Semua fanfic ini ditulis dalam bahasa Inggris. Bukan mau sok-sokan. Tapi karena memang hanya bahasa Inggris yang menyatukan kita semua, seluruh fans dari penjuru dunia.

Cieeee.

Hahaha.

Ceritanya sendiri sangat spesial sih. Kedua fanfic ini mampu memadukan keindahan fiksi, imajinasi dan tokoh dari drama IONTBO ataupun tokoh lain yang diperankan pemeran drama IONTBO.

Di dalam fanfic Kryptonite, penulisnya bercerita tentang sebuah dunia yang menyatukan Ha Jae Yi (peran  Seo Yea Ji di drama Lawless Lawyer) dan Jang Tae Young (peran Kim Soo Hyun di film Real).

Sejujurnya saya belum menonton baik itu drama Lawless Lawyer dan film Real. Namun karena si penulis Kryptonite ini piawa sekali dalam memperkenalkan tokoh-tokohnya sehingga walaupun kita belum menonton keduanya, kita tetap masih bisa mengerti dan larut di dalam cerita Kryptonite ini.

Kryptonite mengingatkan saya pada Smallvile, sebuah drama TV pada belasan tahun silam yang bercerita tentang kisah remaja Superman. Ya. Setua itu ya saya ternyata. Hihihihi.

Kryptonite adalah logam atau (batu?) yang mampu melemahkan Superman. Ya. Walaupun kuat terhadap apapun di dunia ini, seorang Superman ternyata sangat-sangat-sangat lemah di hadapan logam kehijauan yang berasal dari planet asalnya ini.

Nah, di dalam fanfic Kryptonite ini, penulisnya memang menceritakan hal serupa. Seorang yang sangat kuat, tahan aneka hal, tetapi lemah di hadapan kryptonite-nya. Dalam hal ini adalah seorang Jang Tae Young yang diceritakan seorang bos gangster, seorang yang kejam, dingin, dan selalu dipenuhi darah dari pertempuran, bertemu dengan seorang Ha Jae Yi, pengacara yang ceria, pemberani dan sangat bubbly.

Di sinilah letak menariknya fanfic Kryptonite. Penulisnya serius sekali menggarap setiap chapter. Saya perhatikan setiap chapternya mengandung 10 ribu sampai 20 ribu kata! Wow!

Sebagai seorang yang suka menulis cerpen, menulis seribu kata saja sudah wow bagi saya. Ini 10 ribu sampai 20 ribu kata lho. Sungguh patut diacungi jempol sekali ya para penulis fanfic ini.

Saya pun terlarut dalam dunia Kryptonite di mana Jang Tae Young yang tidak pernah takut apapun menjadi takut sesuatu karena bertemu dengan pengacara perempuan yang suka sekali bertanya. Bahkan pertanyaan-pertanyaan Ha Jae Yi yang terdengar sederhana dan polos sebetulnya berhasil meluluh-lantakkan hati dan perasaan Jang Tae Young sebagai seorang lelaki.

“Apa kau memang suka membunuh?”

Pertanyaan dari Ha Jae Yi berhasil membuka tabir kelam dunia Jang Tae Young yang sebelumnya belum pernah tersingkap siapapun. Wow…..

Saya sampai masih setia menanti lho kelanjutan Kryptonite ini (sekarang baru sampai chapter 3). Saking bagus dan saking mirip filmnya. Penulisnya begitu deskriptif dan banyak menambahkan adegan. Pembaca jadi seolah melihat sebuah film padahal sedang membaca tulisan.

Dan meskipun belum pernah menonton drama Lawless Lawyer dan film Real, ketika membaca Kryptonite, saya berhasil kok membayangkan Seo Yea Ji yang memerankan Ha Jae Yi dan Kim Soo Hyun yang memerankan Jang Tae Young.

Sangat berbeda sih dari kedua peran mereka di IONTBO tapi sekali lagi, tetap saja, fans-fans ini membuat fanfic mengambil peran-peran itu berakar dari IOTNBO.

:’)

Nah, fanfic kedua yang saya sangat sukai berjudul The Inevitable Fate (selanjutnya kita singkat TIF). Di dalam TIF ini penulisnya memakai tokoh Moon Gang Tae dan Ko Mun Yeong, dua peran di drama IONTBO.

Saya pun jadi tidak sulit membayangkannya karena saya sudah menonton drama IONTBO. Namun di dalam fanfic TIF ini, penulisnya membuat cerita yang sama sekali berbeda dari yang ada di dalam drama IONTBO.

Dan itulah inti fanfic, kebebasan imajinasi entah dari mana perubahan, silahkan bebas membuat perubahan cerita berdasarkan imajinasi masing-masing.

Dan fanfic TIF ini membuat hati saya jumpalitan tidak karuan ketika tokoh Moon Gang Tae dan Ko Mun Yeong terlibat one night stand yang menghasilkan kehamilan bagi Ko Mun Yeong. Sayangnya Ko Mun Yeong tidak sempat bertanya siapa nama.

Dan begitulah inti kisah fanfic TIF ini saat anak perempuan Ko Mun Yeong sudah berusia 6 tahun bertemu guru baru di sekolahnya yang ternyata adalah Moon Gang Tae.

Kyaaa!

Hati saya seolah melompat, beneran deh. Huhuhuhu.

:’)

Pandai banget nih penulis fanfic TIF dalam menceritakan cerita dalam alur maju-mundur, dimulai dari kisah pertemuan Ko Mun Yeong dan Moon Gang Tae di acara sekolah anak (mereka). Lalu alurnya mundur mengenai pertemuan pertama mereka lalu hal-hal yang terjadi selama Ko Mun Yeong membesarkan anaknya sendirian tanpa tahu siapa nama Moon Gang Tae.

Bahkan namanya saja tidak tahu ya, huhuhuhu. Lalu diceritakan juga mengenai Moon Gang Tae yang memiliki pekerjaan sebagai seorang pematung, cukup berbeda dari pekerjaannya di dalam drama IONBTO.

Tapi saya cukup suka, heuheuheu. Karena penulis fanfic ini tahu banyak nih sepertinya tentang dunia pematung sehingga tokoh Moon Gang Tae si pematung ini diceritakan begitu passionate sekali dalam dunia seni patungnya ini.

Dan tentu saja hati saya cenat-cenut saat Moon Gang Tae bertemu Ko Mun Yeong setelah bertemu dengan Ko Han Byeol (anak mereka). Moon Gang Tae ternyata selama ini juga tidak bisa melupakan Ko Mun Yeong. Bahkan saking tidak bisa melupakannya, Moon Gang Tae sampai membuat sebuah patung berwajah Ko Mun Yeong.

Hanya wajah yang ia ketahui, ya. Keduanya tidak mengetahui nama masing-masing dalam pertemuan pertama yang menghasilkan Ko Han Byeol (anak mereka) itu.

Mereka bertemu lagi di acara sekolah Ko Han Byeol dan barulah mareka saling bertukar nama tetapi tidak lupa juga saling bertukar kerinduan

AHUHUHUHUHU

BAGUS BANGET PARAH SIH GA NGERTI LAGI POKOKNYA

AHUHUHUHUHUHUHUHUUHUHU.

Sama seperti fanfic Kryptonite, fanfic TIF ini juga masih on-going alias chapternya masih berlanjut. Dan ya ampun, saya masih akan setia menanti kelanjutan kedua fanfic ini.

Bagus banget. Bagus parahparahparah. Cara kedua penulis fanfic ini dalam merangkai cerita, membangun adegan, alur, ah, bagus bangetttt!

Saya jadi ingin menangis tersedu-sedu saat di fanfic TIF, waktu seolah berhenti di kala Moon Gang Tae bertemu Ko Mun Yeong di hadapan Ko Han Byeol, murid kesayangannya. Ya ampuuuuun. Seperti judulnya yah, the inevitable fate.

Cakep banget fanfic TIF ini aslilah pokoknya….. Yaaa too good to be true sih kalau mau dibawa ke dunia realita. Mana ada orang masih inget dan jatuh cinta semendalam itu sama one night stand, ya kaan?

Tapi ya namanya juga fanfic yah, dinikmatin ajalah bikin hati cenat-cenutnya. Hihihihihi.

Kalau di fanfic Kryptonite saya terharu sekali ketika Jang Tae Young menarik Ha Jae Yi ke dalam pelukannya semata-mata agar Ha Jae Yi tidak bisa melihat saat Jang Tae Young menarik peluru dan menghabisi musuh-musuhnya.

AAARRRRGGGH!

Sumpah ini saya curiga banget pokoknya, para penulis fanfic ini sepertinya adalah para penulis skrip drakor yang menyamar deh. Jujur deh kalian. Huhu.

Intinya sih gitu deh ya. Saya lagi suka sekali dengan kedua fanfic ini. Penulisnya berdedikasi dan totalitas sekali. Somehow mengingatkan saya kembali akan fiksi-fiksi saya yang mangkrak. Huweeee.

Tapi sepertinya saya menemukan perasaan terharu sehabis membaca fanfic-fanfic itu nih. Dan perasaan terharu adalah perasaan paling bagus dalam membuat fiksi, begitu kata mas Kurnia Effendi. Okelah kalau begitu, mari dong Dey, lanjutkan fiksi-fiksimu.

Lanjutkan dan kembangkan seperti Kryptonite dan The Inevitable Fate….

Saya benar-benar terharu akan bagusnya dua fanfic itu. Keren sekaliiiii.

Semangattt ayoo bikin fiksi lagi Deyyyaaa!

Muehehehehe.

 #1671Kata

 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tersihir Fanfic IONTBO"

Comment