Original Sound Track: Sihir Ajaib Drama Korea


Drama Korea atau drakor selalu memiliki OST yang apik-apik. Ini pendapat saya pribadi, sih. Belum divalidasi jurnal penelitian yang membandingkan aneka OST dari ribuan drakor. Hihihi.

Namun, memanglah benar adanya, di dalam drama Korea alias drakor, OST memegang peranan yang sangat-sangat penting. Bagaimana tidak? Dalam sebuah judul drakor, bisa terdapat 8-15 OST yang mengiringi drama tersebut.

Sangat banyak sekali sehingga setiap adegan yang berbeda emosinya dapat diperkuat dengan OST yang berbeda pula. Saya juga mengamati bahwa jika terdapat perkembangan karakter di dalam drama tersebut, OST-nya pun berganti.

Sungguh serius memang Korea Selatan ini ya, mereka tidak main-main dalam membuat sebuah drama. Lagu yang mengiringi drama tersebut pun mereka pikirkan secara masak-masak sehingga tidak jarang, sebuah drama yang booming memiliki OST yang juga booming.

Kadang-kadang malahan terdapat OST yang lebih terkenal dibandingkan dramanya. Serius, lho. Sebagus itu memang OST drakor ini, ya.

Walaupun belum begitu banyak menonton drakor, ada beberapa OST yang sangat membekas di dalam hati saya. Cailaaahh.

Pada drama-drama yang saya tonton, saya mengamati biasanya ada 1 OST yang sangat bagus, 5 OST yang bagus, 1 OST yang sedang dan sisanya B alias biasa aja.

Bukan, bukan jelek sih, tapi ya tidak mungkin menurut saya sebuah drama punya OST yang bisa bagus semuanya. Eh, tapii, ini subjektif ditambah sok tahu saya saja sih, musisi saja bukan, sok-sok mengomentari lagu.

Hihihihi.

Ketika saya menonton drama berjudul “Her Private Life”, OST pertama mereka terdengar sangat riang bagi saya. Judulnya adalah “Help Me” dari girlband (G)-I-DLE. Beat dari lagunya membawa nuansa yang ceria,  membuat ingin tertawa, menghadirkan bayangkan kita sedang menikmati hari, dan memahami kehidupan fangirling si tokoh utama di dalam drama tersebut.

Hal ini saya amati sebagai sebuah hukum abadi di dunia drakor : OST PERTAMA AKAN MENGGAMBARKAN BAGAIMANA KEHIDUPAN TOKOH UTAMANYA.

Ketika saya menonton drama berjudul “Doctor Jhon”, OST pertama mereka terdengar begitu … hmm, apa ya menyebutnya, misterius tapi baik hati. Nah, lho? Hahaha. Iya, tapi memang benar begitu adanya karakter dokter Cha Yo Han si pemeran utama drama tersebut. Dia memiliki sifat yang sangat misterius, menyimpan sebuah rahasia namun ternyata luar biasa baik hati.

Hikss~ jadi kangen dokter Cha Yo Han~ >,<

Ketika saya menonton drama berjudul “Angel’s Last Missions : Love”, OST pertama mereka yang saya dengar adalah “Oh My Angel” dan “Welcome Rain”. Keduanya memberikan sensasi merinding yang menyenangkan saat mendengarkannya. Lagu “Oh My Angel” memberikan nuansa gambaran karakter utama ballerina perempuan yang rapuh yang diperankan oleh Shin Hae Sun dengan sangat menawan di dalam drama itu.

Sedangkan lagu “Welcome Rain” sukses menguras air mata saya karena tepat sekali dalam menggambarkan tragedi demi tragedi di dalam kehidupan sang ballerina yang seolah tidak pernah mengenal bahagia itu.

Huks. Drakor “Angel’s Last Missions: Love” memanglah memiliki OST yang membuat hati mendadak rapuh saat mendengarkannya. Hal ini dapat dimengerti dan dimaklumi karena alur cerita dramanya yang sangat mencabik-cabik relung hati saat sosok cinta pertama hadir kembali dalam wajah malaikat tampan yang diperankan Kim Myung Soo alias L Infinite.

Huhu.

Selain OST, ada satu lagi sebenarnya produk musik di dalam sebuah drakor yaitu BGM alias background music. BGM adalah latar suara atau music tanpa lirik yang muncul di dalam drakor. BGM bisa dicuplik dari OST, bisa juga berdiri sendiri.

Saya ingat betul selepas drama “Angel’s Last Missions:Love” dan “Her Private Life” selesai, saya langsung mencari BGM mereka di internet. Luar biasa bagusya sih BGM mereka.

Whoa, paling bagus menurut saya BGM dari drama “Her Private Life”. Banyak sekali jenisnya, dan berlapis-lapis sekali.

Seolah setiap lapis emosi diiringi dengan BGM yang berbeda. Huuwaa, mendadak kangen Ryan Gold ini gimanaaah. Hihihihi.

Nah, saat ini karena saya sedang menonton drama “Saikojiman Gwaenchana” maka OST mereka adalah yang terbaik! Waa, waa, waa, bagi saya yang suka mengamati OST sejak pertama dirilis, saya bisa merasakan aura yang berbeda dari OST drama ini.

OST pertama dari drama ini berjudul “You’re Cold” dinyanyikan oleh mbak Heize (ikrib banget Dey manggil mbak, wkwk). Nah, lagu ini sangat menggambarkan karakter Ko Mun Yeong sebagai pemeran perempuan utama di dalam drama ini yang dingin, anti sosial, dan cenderung kejam.

Seperti yang saya sebutkan di atas, seringkali saya temukan tidak semua OST dalam sebuah drama adalah masterpiece. Kadang-kadang cenderung biasa saja, ya dapat dipahami juga sih oleh para fans drakor alias tetap menonton juga.

Level biasa sajanya sebuah OST itu menurut saya yang sampai saya sedih lho, hahaha, maksudnya sedih, kok jadi tidak sebagus OST sebelumnya sih? ;p

Namun, di dalam drama “Saikojiman Gwaenchana” ini sejauh ini sudah 5 OST dirilis dan semuanya membuat hati meledak saking bagusnya. I know I know it’s very very subjective tapi cobain deh, cobain menonton dramanya lalu ceritakan respon otak kalian.

Huhuhu.

Pasti otak dan hati kalian sepakat bahwa OST “Saikojiman Gwaenchana” ini memiliki aura yang unik dan outstanding dibandingkan OST drakor pada umumnya. Betul sekali setiap OST drakor memiliki keindahannya masing-masing. Tidak bisa disbanding-bandingkan.

Namun, Saikojiman ini membawa OST-nya ke level yang sangat jaaauuh dari OST lainnya. Gelap, misterius, aneh, unik, dingin, itu yang saya rasakan saat OST pertama mereka dirilis.

Saat OST kedua dirilis, hati saya langsung terpotek menjadi serpihan-serpihan kecil terus diblender disaring lalu diminum sama Moon Gang Tae, ahiks. Baguss, bagusss banget OST Saikojiman dalam membawa nuansa kesedihan yang realistis, jamak, dan tidak khayali.

Benar-benar sebuah nuansa kegelapan dan kesedihan yang berbeda yang dibawakan oleh OST Saikojiman ini.

Maka dengan ini saya nobatkan untuk sementara OST terbaik yang selalu terngiang-ngiang di dalam hati saya sekaligus yang terbaik yang pernah ada versi Dea Adhicita adalah … SEMUA ORIGINAL SOUNDTRACK SAIKOJIMAN GWAENCHANAAAA.
SEMUANYA BAGUSSSS BUWANGEEETT. Huhuhuhuhu.

Di antara semua OST Saikojiman yang sudah dirilis, kesukaan saya adalah yang dibawakan Lee Suhyun yang berjudul “In Your Time”. Wah, itu bahkan membuat merinding sejak hadir hanya secuplik di penutup episode kelima dramanya, lho.

Sungguhlah Saikojiman ini drakor fantastis-tis-tis yang membuat hati penonton sudah bukan remuk redam lagi tapi banjir! Ya banjir pemikiran, banjir kekaguman, dan banjir apresiasi atas bagusnya proses produksi drama mereka.

Lagu “In Your Time” ini buat saya punya vibes mirip “Flower”-nya Yoon Mi Rae yang mengisi OST drama “Crash Landing On You”. Ada perasaan tersayat saat mendengarkannya. Namun, ada sebongkah harapan yang mengisi rongga hati juga saat lantunan lagu ini terdengar.

Ah ….

Sebagai sebuah penutup saya ingin mengungkapkan bahwa: bagi saya, drama Korea adalah sebuah karya seni dan OST mereka juga adalah sebuah karya seni. Dua-duanya dipersiapkan dengan sangat baik untuk mengobrak-abrik perasaan dan pikiran penontonnya.

Hal ini membuat saya terkenang mata kuliah “Psikologi Umum” saat saya duduk menjadi mahasiswi Psikologi UI dahulu kala. Salah satu tema dalam mata kuliah tersebut adalah kaitan antara musik dan psikologis manusia.

Okeh, okeh, harus buka buku kuliah yang berdebu itu lagi sepertinya, nih. Namun, yang ingin saya katakan adalah drama Korea bisa unggul dan sangat digemari salah satunya adalah karena kehadiran OST, sihir ajaib yang terdengar mengiringi setiap episodenya.

Sungguh menginspirasi dan membuat sanubari tergerak untuk merenung, berpikir dan meramu kembali apa yang sudah ditonton menjadi sebuah kesimpulan untuk diri sendiri.

Aiiiihhh~

:’)




#1155kata

Postingan terkait:

7 Tanggapan untuk "Original Sound Track: Sihir Ajaib Drama Korea"

Rijo mengatakan...

Makdey, jleb jleb, aku cinta artikel ini ❤️

Imawati A. Wardhani mengatakan...

Hahaha segeralah tamat itu saikojiman, penasaran pen nonton. Rame bener yg rumpiin. Wkwk

45Zahra mengatakan...

Mak deey, aku padamuuuh... Aku jd kabita nonton her private life

Dea Adhicita mengatakan...

@Mba Rijo : Kyaaaa! Makasih suhu!

@Mba Ima : Hahahaha. Tim completed sih kamooh yaah, ayoo nonton sekarang ajalah *kipas-kipas mba Ima

@Mba Lala : Her Private Life kyeopta bangetss BGM-nya, Mbaaa. Lucuuukkkkk, kyut pisaaan. OST-nya sebetulnya cuma 1 , 2 yang bagus bgt. BGM-nya sih yang super menarik dari Her Private Life

Rani R Tyas mengatakan...

Lho punya Heartstring nggak dimasukkan sekalian Mba Dey?

lendyagasshi mengatakan...

Iya..
OST ini memegang penting suksesnya sebuah drama. Aku bahkan ada yang gak nonton dramanya tapi pas denger OSTnya, langsung berassaaa patah hatinya.
huhuu~

Dwi Tobing mengatakan...

Uri Jae-uck oppaaa... 😍😍
Aku donlot sealbum tuh mb, OST nya HPL. Suka sama "Maybe" dan "Think of You".
Cuman gk sampe "menghantui" sih...Mgkn kerna gk dinyanyiin sama uri oppa yak...:p
Dia songong siihh... tapi aku syukkaaa 😍

Comment