Membina Dedek-dedek SMA


Hai, pembaca yang budiman. Dikata bis kali yak budiman, ahaha. Apakabar, buu? Semoga semua yang baca minimal udah makan yak. Ada pepatah yang bilang “Perut Kenyang Hati Senang”. Dan saya adalah penganut setia pepatah itu. Wkwkwkwk. Pantessss ngga kurus2 >,<

Kali ini mau cerita soal membina, jangan ditambahin akhiran sa–kan jadi membinasakan loh ya. Membina disini maksudnya ngisi mentoring agama Islam gitu kaka. Seru-seru asik gitu loh ngebina dedek-dedek di SMA itu.

Saya sekarang ngebina di SMA 1 Depok almamater tercinta saya, di Psikologi UI juga sih, terus di SMA 8 Depok, dan ditawarin di SMA 12 Depok yang saya tolak karena saya mikir “Kapan gue di rumahnya dong ah” HAHAHAHAHA.

Setiap sekolah itu unik, beda-beda. Dari lingkungan, input anak-anaknya, terus guru-gurunya. Beda dan lucu-lucu banget. Ada yang udah ngerti banget, ada yang semangat banget, ada yang sholat 5 waktu masih bolong-bolong, ada yang ceria banget, ada yang pemalu banget.

Ah, tau ga sih, rasanya ini kerjaan saya sekarang yang bener-bener menyibukkan dunia saya. Saya seneng saat ketemu dedek-dedek SMA itu. Pertanyaan mereka kritis, semangat mereka membara, ketulusan mereka memancar. Kalaupun setiap setengah jam mereka selfie ya emang generasi mereka doyan bener popotoan kali yak ahahahaha.

Di SMAN 8 Depok saya membina anak-anak cewek dari sebuah kelas. Kebayang kan kalo jumlah siswanya 40, jumlah siswa cewenya 20 orang, dikurangi yang non islam 2 orang, jadi kira-kira 18 orang jumlah dedek-dedek binaan saya itu.

Bukan maen banyaknya. Tiap mulai saya pasti pake ice breaking yang goal-geol goyang sana goyang sini lompat sana lompat sini tawa-tawa bae dah, ahahahak. Maksudnya sih biar ngerasa deket dan enjoy dulu gituu.

Btw kalau di SMAN 8 Depok ini mentoring itu wajib loh. Jadi masuk penilaian agama Islam. 

Hahaha. ASOOY. Asyik sih buat kaka mentor macem saya jadi ngga usah pake toa teriak2 ajak mentoring. Tapi ya kelemahannya kita harus bikin mentoring ga seformal kelas dan tetep menarik ngga ngebosenin.

Tujuan mentoring? Kalau dalam bahasa saya, biar dedek-dedek itu pada ngerti siapa tuhan mereka, siapa diri mereka. Semua pertanyaan dan tugas akan selesai saat dua pertanyaan itu udah dipahami dengan komprehensif dan aplikatif (cailaah).

Kadang mereka yang suka bikin saya tawa-tawa deh, ya ngajak saya nebak nama mereka lah. Ya maap dong kaka, faktor U bikin saya lupa ini siapa namanya yah ahahahaha..

Terus ada juga yang beliin minuman katanya kesian ngeliat saya cuap-cuap. Mihihihi lutunaaa. 

Jangan2 saya pas cuap-cuap tuh keliatan mirip orang lagi orasi kali yak makanya dikasih minum ;p

Dedek-dedek di SMA Itu kadang dewasa kadang lugu, sama aja. Kadang brutal kadang manis. Kadang licik kadang taat. Hihihi. Sama aja. dan prinsipnya selalu sama : “Sedikit sedikit, perlahan-perlahan sampai kepribadian mereka tercelup dengan warna Illahiyah”

Saya udah sok bener banget yak. Tsaaaah. Bukan sok bener nih sob tapi pas baca  lagi buku tentang “Dakwah Sekolah” bab mengapa kita harus turun ke sekolah, rasanya hati ini emang terpanggil, sob.

Gimana nggak gitu loh. Anak SMA jaman sekarang makin dicengkram sama hal-hal yang bikin mereka lupa panggilan kepemudaan dalam Islam untuk berprestasi dan jaga diri. Asli deh, Islam tuh cuma nyuruh 2 itu buat para pemuda. Berprestasi dan jaga diri. Sampai saatnya tiba, dunia ini akan dipegang oleh orang-orang mukmin, dan para pemuda itulah yang akan jadi tonggak-tonggaknya.

Duh, ngilu rasanya pas baca di rappler.com atau apalah itu tentang orang yang aborsi lalu nggak menyesal, Tentang pacar on-off nya yang udah dari lama. Dari lama itu definisinya dari kapan hayoo. Ya dari masa SMA gitu kaan.

Semakin banyak kesini memang ga tertahankan untuk menjelajahi area seksualitas yak. Kasian juga sebenernya ini dedek-dedek SMA, informasi yang dateng ke mereka emang buanyak bener yang mengumbar area seksualitas. Yang ga kuat lama-lama juga akan tergiur untuk menampakkan sensualitas minimal pada dunia maya. Duh, Rabbanaa..

Sungguh deh, di balik seragam putih-abu-abu mereka, dedek-dedek SMA ini masih harus diajak diskusi, disenyumin saat ice breaking, diselipin materi agama Islam, lalu berterimakasih sebab dia sudah datang. Begitu terus setiap minggu.. Begitu terus.. Sampai siapakah yang akhirnya lelah, kakak mentornya kah atau hal-hal buruk di luar sana yang akhirnya lelah dan membiarkan dedek-dedek SMA ini jadi pemuda yang berprestasi dan menjaga dirinya dalam Islam.

AllahuAKBAR!

Ah, haru deh kalo saya mikir ini ketinggian. Iya emang ini nampaknya ketinggian tapi saya selalu percaya bersama Allah itu ga ada yang mustahil asal kita komitmen ada di jalan-Nya.

Teruslah berusaha membina dedek-dedek di SMA itu dengan segenap kemampuan dan segenap hatimu, Dey. Allah yang akan bereskan sisanya. Tugasmu hanya menyediakan hati dan senyuman satu kali setiap pekannya,


I love you all dedek-dedek SMA binaankuh!!! :***



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Membina Dedek-dedek SMA"

Comment