Dilema Ibu (Mau) Bekerja


Lagi jalan-jalan di facebook dan menemukan blog punya Seseu, adek kelas saya di Psikologi dulu. Terus jadi kepikiran.. Terus jadi kepikiran banget. Hahahaha

Yap, kayanya emang dilema lulusan PTN ya gini yah. Antara mau aktualisasi diri dan meraih beberapa hal secara materi, tapi di sisi lain, ngga bisa gitu ajah… Udah ada suami dan anak yang harus dipikirkan, dirawat, dijaga, ditemani, didukung.

Duh, pas baca blognya Seseu itu saya jadi merasa pas gitu loh. Karena baru beberapa hari sebelumnya saya lagi maju-mundur mau kerja kantoran lagi. Huks. Ceritanya ada lowongan SKK Migas gitu. Dan ada posisi untuk S1 Psikologi.

Saya sempet ngobrol sama suami tentang lowongan kerja ini. Setiap ada lowongan kerja pasti saya laporin kok ke suami, Hihihi.

Dea (D): “A, ada lowongan kerja lagi nih”

Jati (J): “Dimana?”

D : “SKK Migas”

J : “Sebagai apa?”

D : “S1 Psikologi”

J : “Bukan, maksudnya posisinya sebagai apa”

D: “Ditulisnya S1 Psiko aja”

J : “Coba tanyain dulu”

(Langsung tanya ke temen yang kasih info ini)

D : “A, katanya kirim aja lamarannya ntar ditempatin gituh”

J : “Hehehe, khas pemerintahan ya gitu tuh...”

Udah. Gitu doang perbincangannya.

Ngga ada drama. Ngga ada larangan kerja. Ngga ada sama sekali.

Terus jadi apply, Dey? Nggak. Kenapa? Karena beberapa hari abis itu, saya kepikiran..Kepikiran terus menerus. Kepikiran dalam skala ringan sampai skala berat. Kepikiran terus sampai kebawa doa.

Saya mau, mau banget malah, buat kerja kantoran lagi..Asli deh. Tapi pas dipikirin lagi, ntar Ksatria sama siapa yak. Bu Mus pembantu di rumah emang udah kapan tau itu pernah bilang mau jaga Ksatria misalkan saya kerja lagi.

Tapi terus kepikiran ntar saya sering pulang malem karena jalanan supermacet Jakarta. Terus nanti cuma kebagian Ksatria tidur doang. Besok paginya harus jalan lagi ke kantor. Gitu terus sampe ketemu Sabtu Minggu

Terus gimana nasib binaan mentoring saya di sekolah yak. Kalo kerja berarti saya ngisi mentoringnya sabtu minggu doang. Sementara pasti saya pengen menghabiskan hari itu bersama Ksatria.

Huff.

Bener-bener huffffff

Bener-bener kepikiran sampe galau. Dan menyadari bahwa udah lama juga nih ga galau (yeee si dea :p). 

Terus berpikir dan berpikir.. Semua opsi seperti jadi nyata di benak saya..

Sementara itu, saya ada janji ngobrol-ngobrol sama Niken, sahabat saya yang sekarang bekerja di perusahaan bonafit. Pas ketemu, saya cerita tentang ‘kegalauan’ ini.

Oiya sebelumnya juga udah cerita di WhatsApp, dan respon Niken bikin langsung pengen batalin niat kerja. Yes, batal. Detik itu juga

Niken : “Jangan lah Deyy. Aku aja yang kerja pengen resign kalau ntar udah punya anak. Anak kan amanah dari Allah yang harus kita jaga”

Yess, detik itu juga pas baca kalimat itu saya langsung lumer. Lumer seluruh egoisme. Lumer seluruh bayangan beli ini liburan ke sini atau bagaimana senangnya punya gaji. Lumer. Habis. Kalah sama panas hidayah-Nya(BIARIN LEBAY ;P)

Si Niken-nya mah santai dan ngga nyangka juga kalau saya bakal berubah pikiran. Hihihi.

Pas ketemuan ngobrol-ngobrol , sekali lagi dia bilang

“Apa sih yang kalian liat dan inginkan dari kami wanita-wanita pekerja ini?? Uang? Aktualisasi? Jaringan pertemanan? Suasana meeting? Hmm? Itu semua udah hilang gitu ajah ngga bekas begitu pulang dari kantor. Justru berada di rumah, mendampingi suami dan anak, siaga selalu, itu yang lebih bermakna, Dey…”

Oh. Detik itu juga mo meluk Niken. Kok bisa ya dia ngomong kaya gitu, ahahaha.

Kadang saya suka mikir Allah tuh ya emang paling bisa kalau ngasih solusi kegalauan…. Selalu dari arah yang ga kita sangka tapi efektif, haha.

Kalimat-kalimat Niken itu menghujam, dan mengiris tipiss perasaan saya. Tambah ngga pengen ngelamar SKK Migas.

Biarin, biarin aja, lowongan kerja lalu lalang, aku akan di sini, sebuah rumah di kampung Cikumpa, membersamai Jati dan Ksatria. 
Menjadi istri dan ibu yang available. 
Menjadi orang yang siap anter Ksatria cari odong-odong atau mengawasi dia main sama temen-temennya anak-anak kampung yang kadang kalimatnya kotor, sambil pelan-pelan lirih berdoa ‘Ya Allah, jadikan Ksatria anak yang mencintai kebaikan, lindungi dia dari orang-orang buruk, kalimat buruk, dan lingkungan yang buruk’

Hiks. Ini dramanya lebih ke pikiran saya sendiri sih.

Saya sebenernya menyadari bahwa keinginan untuk kerja lagi lebih ke arah ketakutan-ketakutan imajiner yang kadang kocak, egois, dan bisa dijawab sendiri oleh saya.

Seperti:

‘Nanti otak saya penuh laba-laba karena ngga pernah dipake’

‘Saya doang ibu rumahan di Cikumpa ini yang lulusan S1 UI, Oh plis, tempat saya bukan di sini, tempat saya di kantor psikologi kerja liatin step step jadi psikolog, atau dampingin assesment manajer’,

‘Usia saya udah 27 tahun dan saya terjebak pada kehidupan useless di sini menemani anak bermain dari pagi sampai malam’

‘Saya harus keluar dari sini’
…………..
Kesombongan bercampur kebodohan lalu menjelma menjadi keegoisan…

You should know, Dea Adhicita kesayangan,, memiliki anak adalah tindakan yang memiliki resiko..Bahwa melahirkan bukan sekedar selesai tetapi kamu harus mendidiknya, menemaninya bermain, menyisipkan nilai Islami, mengajari doa, mengajari AlFatihah, mengawasi apa ada predator seksual jahat, bersosialisasi dengan ibu yang lain, mengedukasi mereka, merangkul ibu-ibu seluruh Cikumpa, mengubah Cikumpa ini dari slum area menjadi kawasan Islami,

Ya Allah Ya Allah…Hati saya sesak, rasanya selalu begitu.. Asumsi-asumsi saya bisa dijawab sendiri dan justru menimbulkan renungan panjang buat saya….

Kalau gitu ga jadi lamar lowongan SKK Migas dong, Dey?

E-n-g-g-a-k.

Dan ini ngga ada sama sekali karena faktor suami yang melarang...

Jati ngga pernah melarang. Selalu melihat dulu lowongannya seperti apa.

Setelah kontemplasi segitu melelahkannya, dan membuahkan keputusan final, baru saya cerita ke Jati. Saya cerita dari awal. Penyebab. Keinginan. Konflik. Kalimat dari Niken. Pikiran. Seharusnya. Dan hasil akhirnya.

Terus respon Jati :

“Karena itulah Aa dulu menikahi Neng.. Karena Aa tau Neng akan menjadi seorang ibu yang baik..”

*hening*

*hati lumer*

:’)

Ya, Dea… 

Inilah ceritamu, jalanmu, jihadmu, well yes it is.. Mungkin dengan detik yang terlihat useless menemani anak main itu dirimu bisa mendapat rahmat Allah dan masuk syurga-Nya

Keep strong, Dea.. Have faith… Bergantung pada Allah… Yakinlah Dia tiada pernah mendzholimi…

I love you Allah.



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Dilema Ibu (Mau) Bekerja"

Comment