Belajar Dari Binaan


Uhuk-uhuk, sebagai kakak mentor atau mba murobbi, sama aja sih., hihihi, saya sesungguhnya banyak belajar dari adik binaan saya....

Kalau setiap minggu kami bertemu, selalu ada pelajaran yang bisa saya petik dari mereka....

Entah itu kepribadiannya atau cara mereka menyikapi sesuatu...

Kalau ada yang bilang mba murobbi itu teko yang menuangkan ilmu, kadang-kadang saya mah merasa saya yang mendapatkan ilmu dari mereka...

:')

Iya... Mereka adik-adik binaan yang super manis-manis itu membahagiakan saya setiap bertemu...

Alhamdulillah sekarang saya udah ga baperan kaya dulu lagi. Hahahaha.

Kalau dulu tuh ya, saya baperan abisss.

Kalau adik binaan saya yang dateng liqo sedikit, baperrrr.

Kalau adik binaan saya ga dateng liqo tapi lupa ijin ke saya, baperrrr.

Kalau adik binaan saya ga dateng-dateng liqo sebulan, baperrr.

Cape duehhh.. Wkwkwkwk 

;p

Sekarang alhamdulillah faktor pertolongan Allah sama faktor usia juga kayanya (uhuk-uhuk) saya udah ga baperan lagi...

Horrraay!

Adik-adik binaan itu milik Allah...

Hati mereka itu ada dalam genggaman Allah...

Tugas saya itu mengelola kelompok liqo, setiap pekan menyelenggarakan liqo, menjapri mereka yang ga hadir, dan kalau itu semua udah dilakukan, jangan ada baperrr..

Sungguh deh sekarang saya merasakan bahwa tugas saya bukan memastikan mereka semua hadir di liqo...

Tapi tugas saya berikhtiar, berdoa, mendekatkan diri, mencoba memasuki dunia mereka, dan kalau mereka memilih menjauh, jangan ada baper plisss...

Hehehehehe...

Okeyy, kembali lagi ke topik yang menjadi judul saya ini yaaa..

Iya, saya belajar banyak dari para adik-adik binaan saya itu...

Satu kelompok masih kelas 12 SMA gitu kan... Aduh itu kelompok paling polos, lucu-lucu bangettt anak-anaknya...

Lucu tuh dalam artian seru gituu yaaah. Hahahaha..

Karena masih muda belia banget kali ya, mereka tuh becandaannya spontan, terus bener-bener rame bangettt.

Tapi rame juga semangatnya. Iyap! Mereka kan kelas 12 tuh lagi suksesi alias regenerasi ROHIS ke adik-adik kelas 11...

Nah, keliatan banget tuh kapasitas kepemimpinan mereka...

Waaah, kalau liat mereka bahas regenerasi ROHIS, saya suka diam-diam terharu gitu looh. Huks. Huks.

Mereka keliatan sekali mencinta ROHIS dengan sepenuh jiwa raga...

Sampai hari Minggu pun mereka rela mengadakan acara ROHIS...

Wah, bener deh kelompok kelas 12 ini membuat saya kagum banget-banget-banget sama dedikasi mereka terhadap ROHIS...

Di satu sisi saya bersyukur bangettt mereka memilih ROHIS jadi ekskulnya...

Di satu sisi saya juga melihat mereka rada-rada jadi kaku juga sih karena temenannya juga sesama anak ROHIS.

Hehehe...

Tapi ga masalah sih, senyuman mereka yang manis-manis itu sungguh bikin saya semangat mendidik mereka...

Mendidik masalah fleksibilitas juga..

Yap! Jadi aktivis dakwah juga harus bisa berteman dengan siapa aja...

Rasulullah itu bikin banyak orang masuk Islam ya karena bergaul, berteman, berinteraksi dengan siapa saja selain muslim, bukan??

Kita juga harus begitu tuh...

Kita harus meniru akhlak Rasulullah yang baik ke semua orang, fleksibel alias bisa bergaul dengan semua kalangan dari berbagai agama, dan menunjukkan akhlak islami yang bikin orang takjub sama keindahan Islam...

Waaah...  Allahumma sholli 'alaa Muhammad....

Jadi kangen yaaah sama Rasulullah πŸ’•πŸ’•πŸ’•

Nah, kelompok binaan saya selanjutnya adalah adik-adik mahasiswi baru. Alias mereka-mereka yang baru saja menapaki kehidupan masa kampus...

Mereka sudah liqo sejak kelas 10 sama saya...

Beberapa rontok di tengah jalan, terus baper Dey? Enggak dong. Hehehehe. Alhamdulillah...

Kelompok yang ini membuat saya kagum dengan komitmennya terhadap liqo..

Mereka sangat rajin dan bersemangat dalam melakukan agenda liqo...

Apa karena mereka sudah lumayan lama ya ikutan liqo, jadi sudah mulai dewasa gitulah...

Ciyeeee ;p

Oiya mereka juga memberi saya pelajaran tentang ukhuwah islamiyyah...

Mereka berasal dari dua sekolah, eh malahan sekarang jadi ada sekolah lainnya juga..

Tapi ga menyurutkan mereka untuk saling mengenal, saling akrab, dan saling mencintai..

Akkkkhhhh~ gemas saya tuhh. Hihihihihi.

Mereka juga kelompok paling manis banget yang pernah saya tangani deh.

Ceileh tangani nih bahasanya dey, wkwkwkwk πŸ˜‹

Bayangin aja yaah, mereka tuh yah kalau ga liqo, selain ijin via WhatsAppa, juga nelpon, terus tau ga minggu depannya pas dateng liqo mereka ngapain??

Mereka akan pegang tangan saya, menatap saya dalam-dalam terus senyum semanis madu sambil bilang:

"Kak, maafin kemarin ijin liqo ya kak"

Aduh astaghfirulloh menggemaskan amatt. HahahahahaπŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

Oiya, kelompok satu ini juga adalah yang terbanyak menjadi pementor...

Yap! Betul sekali, beberapa orang sudah saya terjunkan untuk menjadi pementor di sekolah-sekolah menangani kelas 10..

Dan kelompok ini adalah yang paling banyak menghasilkan orang untuk menjadi pementor...

Aaah, alhamdulillah..alhamdulillaah... Saya seneng bangettt!!!

Karena bagaimanapun juga, tujuan liqo ya menghasilkan kembali orang-orang untuk menjadi pementor...

Semacam siklus kebaikan gitulah liqo ini..

Kita liqo, dan nantinya kita juga akan me-liqokan orang lain...

πŸ’•πŸ’•πŸ’•πŸ’•πŸ’•πŸ’•

Ah, pokonya kelompok mahasiswi baru ini kelompok yang paling ngademin bangettt...

Mereka juga udah kenal saya bangettt karena udah lama liqo sama saya..

Malah jadinya kadang mereka bisa menanggulangi kebodoran saya sih. Hahahahaha

Okeh, lanjut ke kelompok terakhir yaaa...

Ini adalah kelompok yang pernah saya tulis di sini....

Mereka adalah kelompok dengan usia yang paling dewasa..

Mereka juga mayoritas sudah bekerja. Bahkan hanya satu yang sedang kuliah.

Sisanya sudah bekerja atau menikah dan menjadi ibu rumah tangga.

Hmm, kalau kelompok yang ini saya merasanya mereka memberikan saya pelajaran soal keseimbangan sih...

Betapa mereka seimbang dalam menjalan setiap aktivitas..

Ya kuliah ya kerja ya kehidupan rumah..

Ada salah satu dari mereka yang sedang dilanda kebimbangan mengenai keputusan resign atau tidak..

Terus dia sampai ke rumah saya dong weekend-weekend..

Hawuuuu, jadi terharuuuuuh😑😑😑😑😑

Saya tuh sebagai kakak murobbi suka merasa terharu kalau dilibatkan dalam keputusan-keputusan kehidupan adik binaan...

Karena bagaimanapun saya kan orang luar yah...

Iya sih, menjadi murobbi juga salah satu fungsinya adalah sebagai keluarga...

Tapi kan segimananya juga, saya cuma sepekan sekali ketemu merekanya, ya kan??

Makanya saya terharu banget kalau ada yang mengandalkan atau melibatkan saya dalam keputusan-keputusan mereka...

Aaaakkk~~ terharuuuuuu

πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„

Nah si kelompok terakhir ini juga kemarin memberi saya pelajaran keren banget loooh.

Selain kekritisan mereka soal isu-isu, mereka juga bagus looh komitmen liqonya.

Ya bayangin aja nih mereka tuh jadwal liqonya ahad jam 8 pagi, tapi tetep dateng aja loh satu persatu...

Walau hari Minggu enaknya tidur tapi mereka kekeuh aja gitu pada dateng..

Udah gitu ada yang di rumahnya di Manggarai pula, jauh-jauh dateng liqo ke Depok...

UDAH GA NGERTI LAGI POKOKNYA. HUHUHUHU.

Intinya mah setiap kelompok liqoan memberikan aneka pelajaran bagi saya....

Saya bersyukur sekali bisa bersinggungan dengan mereka dalam lingkaran bernama liqo...

Setiap dari mereka adalah bintang di hati saya...

Setiap dari mereka adalah istimewa di hati saya...

Saya mungkin ga bisa memaksa mereka untuk rajin liqo atau menomorsatukan liqo, tapi saya selalu bisa mendoakan mereka...

I love you adik-adik binaankuuuu  πŸ’žπŸ’žπŸ’žπŸ’žπŸ’žπŸ’žπŸ’žπŸ’žπŸ’žπŸ’žπŸ’žπŸ’žπŸ’ž

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Belajar Dari Binaan"

Suika Yuki mengatakan...

Yups betul kak, banyak pelajaran yang didapatkan ketika jadi mentor.
Jadi inget pas dulu pertama kali jadi mentor, pada dasarnya saya orangnya pendiam gk banyak ngomong dapat binaan pertama kali anak2 kelas 1 SMP. anaknya super aktif, kesana-kemari, suka jajan, bercerita. dari situ saya jadi banyak balajar bagaimana membangun dinamika kelompok, memahami permasalahan anak-anak di usia remaja dan masih banyak lagi.

Keep Hamasah :)

Comment