Perjalanan Menyapih Anak


Tentang sapih-menyapih ini sebenarnya sudah saya  duga akan banyak susahnya sih. Hehehe. Bukan mau putus asa duluan sih. Tapi sebagai ibu yang jarang ajak anak main keluar dan jadinya anak saya nempeeel mulu ama emaknya, jadilah proses sapih-menyapih ini akan banyak ceritanya.

Sebelumnya, proses menyapih ini artinya meniadakan lagi rutinitas pemberian ASI kepada anak melalui media apapun ya. Artinya kalau masih dikasih ASI lewat botol dot ya harus disapih sama botol dot-nya juga.

Menyapih juga ada di dalam Al-Qur’an lho. Disebutkan ukuran waktu 2 tahun. Nah, pada realitanya ternyata menyapih tepat 2 tahun nggak segampang itu sodara-sodara.

Ini tips-tips yang sudah saya jalani tapi belum ada progres, Haha

Tips 1. Beritahu anak akan terjadinya proses menyapih ini dari jauh-jauh hari.

Ini udah saya lakukan pada anak saya. Responnya adalah geleng kepala sambil bilang “na-mau, na-mau” artinya ga-mau, ga-mau. Gitu. Tiap dikasih tau makin kenceng gelengan kepala dan na-mau na-mau-nya. Hahaha. Pucing deh mulai kepala saya yak.

Tips 2. Ajak suami untuk terlibat aktif dalam proses menyapih

Ini juga udah (mulai) saya lakukan. Sejak awal  malah suami saya yang sering bertanya, “Gimana cara kita mau nyapih Ksatria nih?” Dan jawabannya saya adalah “Ga tau, bentar yak googling dulu”. Eh, ternyata makin dicari di Google makin pucing pala Barbie. Hehehehe

Akhirnya di usia 2 tahun lebih 3 hari ini, Ksatria masih setia menyusu pada saya. Saya sama suami udah mulai kebat-kebit dan dilirik tajam tiap liat kok udah 2 tahun masih aja nyusu. Eh, tapi tadi pas ketemu sodara, dikasih kalimat yang jleb banget soal menyapih :



“Menyapih ASI itu mendidik anak mengendalikan nafsu juga, Teh Dea.. Kalau semakin lama semakin nyaman anak dan bisa jadi semakin susah untuk disapih. Anak harus dikasih tau dan dipersiapkan. Kita sebagai orang tua harus menentukan waktu tepatnya kapan proses menyapih akan dilakukan. Ini sebagai latihan juga lho menaklukkan hawa nafsu. Namanya nafsu memang selamanya harus kita taklukkan. “



Jlebb yaa hahaha.. Dan saya langsung semangat 45 untuk membuat penentuan waktu kapan tepatnya menyapih akan dilakukan.

Doakan ya sodara-sodara.. Agar proses menyapih lancar dan barokah.. Agar Ksatria tumbuh jadi lelaki yang bisa menaklukkan hawa nafsunya..

HIDUP MENYAPIH!!
:’)



Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Perjalanan Menyapih Anak"

bayangantorgon mengatakan...

hi hi hi bener bener ya peribahasa "sirik" tanda tak mampu...wkwkwk

nissa mengatakan...

Wooow, smangat ibu deaaa *pompom

Comment