Ramadhan Bersama Ksatria


Hai, semua. Apa kabar? Ih,pasti pada kangen sama tulisan saya ya kaan? Iya kan, ngaku aja deeh. *Super Pede 2015* ;p

Saya Alhamdulillah sehat dan baik-baik aja keadaannya. Kalian semua gimana? Mudik gak? Ih, seru bangeet. Hihihi, mulai ajaib ngelantur nih si Dey.

Ramadhan lalu saya akhirnya loh puasa. Tahun lalu nggak puasa karena masih payah nyusuin. Tahun kemarinnya lagi baru abis lahiran 3 bulanan gitu. Tahun ini Alhamdulillah bisa puasa. Hore! Hore!! Hehehehe

Seneng bukan kepalang deh rasanya bisa puasa full, kayak bener2 merasakan Ramadhan. Terus saya juga mulai mengenalkan Ramadhan dan aktivitas ibadah di dalamnya kepada Ksatria. Walapun dia masih 2 tahun, pastinya dia gak ikut puasa yaaa, tapi tarawih mulai diajak lho.

Nah, mengajak Ksatria sholat tarawih itu ajaib banget ternyata. Hohohohoho. Penuh cerita, sampe bisa dibikin 1 cerpen tiap 1 kali sholat tarawih. #Lebay

Malam pertama ajak Ksatria sholat tarawih, kayanya dia masih super duper kaget. Alhasil dia berhasil diem aja selama sholat Isya sampai tarawih rokaat ke-4. Terus kesananya gimana, Dey? 

Nangis dong bok. Hahaha.. Yaa namanya juga 2 tahun ya jadinya dia juga lama-lama ngantuk dan capek kali yaa.

Nah pas malam keberapa gitu deh, dia bukan cranky tapi malah ngajak main karena ngeliat ada anak-anak yang pada main. Terus sholatnya gimana dong, Dey? Nggak bisa sholat dong, sodara-sodara. 

Bisa sholat Isya terus kesananya saya jagain Ksatria yang sliweran bersama anak-anak lainnya. Huks #GigitMukena

Akhirnya saya yang ga kuat batin ternyata. Hahaha. Saya memutuskan untuk sholat tarawih di rumah saja dengan banyak pertimbangan. Ternyata lebih aman dan kondusif untuk saya dan untuk Ksatria juga.

Jadi bisa dijeda gitu kalau Ksatria ngajakin main. Pernah loh, abis sholat Isya, masih bermukena lengkap, Ksatria ngajakin main mobil-mobilan. Pas saya mau sholat tarawih, doi tantrum sekenceng-kencengnya. Yowis tungguin sampai ayahnya pulang baru eike bisa tarawih cyiin. HAHAHAHA

Tapi overall suka banget sih pernah hampir semingguan sempet ajak Ksatria sholat tarawih di masjid. Semoga tahun depan dia udah full lepas diapers dan full disapih jadi bisa diajak sholat di bagian laki-laki barengan sama ayahnya.

Emang sekarang ayahnya ga berani, Dey? Bukan ga berani sih, cuma kalau ngajak Ksatria ke masjid tuh bawaannya sejibun. Makanan, Minuman, Diapers, Baju ganti, Mainan. Semua dimasukin dalam 1 tas. Hahaha. Saya yang ga tega ayahnya Ksatria rempong bawa tas gembolan isi semua barang di atas. Nanti deh kalau udah rada gedean Ksatria bisa ikut ayahnya di jamaah laki-laki.

Terus I’tikaf ga, Dey? Huftt. Yang ini juga luar biasa berdebat eh berdiskusinya ;p
Akhirnya saya gak I’tikaf. Udah semingguan tuh full diskusi sama suami. Tarik ulurnya ngelebihin layangan deh #Lebay

Tapi akhirnya saya yang menyadari sih, kalau belum bisa saya bawa Ksatria bermalam di masjid. Dengan semua yang harus dibawa dan tujuan awal I’tikaf itu sendiri. Pokonya belum match lah dan akan banyak risiko kalau maksain *udah mirip bahasa suami saya ga?hihi*

Akhirnya suami saya dan ibu saya I’tikaf di masjid gede bernama Baiturrahman deket rumah dan saya di rumah. Tapi walaupun begitu saya tidak menyerah, sodara-sodara. Setelah ngelonin Ksatria sampe dia pules, saya juga terjaga, berusaha sebisa-bisanya melakukan ibadah baik sholat, tilawah, dzikr.

Semoga Allah menerima amal ibadah kita di malam-malam ganjil itu yah.. Amiin

Duh, sebenernya malu, nggak mencapai target untuk I’tikaf di masjid. Tapi betul sih kata suami saya, sebagai seorang ibu, sekarang kewajiban saya adalah mendidik dan menjaga Ksatria sehat nyaman agar tumbuh optimal jadi anak sholih.

Alhamdulillahnya ga sampe perang dunia pas diskusi mau I’tikaf sih, wkwkwkwkwk ;p

Semoga semua amal ibadah kita di Ramadhan kemarin diterima oleh Allah yah. Dan kita ngga berhenti beramal sesemangat saat Ramadhan. Amiiin


Nantikan tulisan-tulisan saya selanjutnya yah, para pembaca~ Ambil cucian di rumah desi cukup sekian terima kasiii xD



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Ramadhan Bersama Ksatria"

Comment