BLACKOUT 2019


-
-
-
Blackout alias pemadaman listrik besar-besaran telah terjadi kemarin.

Cailah udah kaya bahasa koran-koran, belum? Wkwkwk

Ya, dari yang saya alami sih pemadaman terjadi selama 9 jam lebih 45 menit.

Memang sih inilah yang dinamakan musibah, ya ga Ceu?

Ga bisa ditolak, ga diundang juga datangnya~asek~~

Tapi tetep aja sih begitu banyak cerita dibalik 9 jam tanpa listrik..

Huft~

Betapa kita (elu aja kali Dey) jangan-jangan udah menuhankan listrik yak?

Parah amat ketergantungan sama listriknya..

Huft~~

:'((

Udah mencintai listrik sedemikian rupa, sampai pas Allah cabut jadi gegulingan dahsyattttt...

Huh~

Sulit sih,

Sejak kita lahir kita udah memasuki fase listrik.

Ya kan betul?

Buat yang lahir di tahun 1989, 1990, dst, udah merasakan era listrik di Jabodetabek.

Kalau generasinya ibu saya tuh baru deh, pas kecil masih merasakan fase belum ada listrik.

Itu pun karena lokasi rumahnya di daerah pegunungan...

Nah, kita di tahun 2019 ini apalagi 

Makin-makin aja era listrik.

Semua pakai listrik.

Transportasi, komunikasi, semua menggunakan listrik.


Pas listrik mati, semua ambruk.

Jaringan komunikasi juga sempet ilang-ilangan.

Ya Allah~~~ya Robbanaaa~

Bener-bener simulasi kiamat kayanya mah yah

:'(((

Saya sekeluarga tuh lagi menginap di Bekasi.

Kami tuh rencananya mau pulang ke Depok sekitar Dzuhur gitulah.

Eh, pas banget Allah mentakdirkan itu jam dzuhur juga kejadian blackout.

Ga kebayang kalau kita berempat lagi umpel-umpelan ngantri tiket di stasiun Bekasi.

AllahuAkbar~~Astaghfirulloh...

Bener-bener serasa diselamatkan dari satu takdir ke takdir lain deh..

Saya tuh sama suami emang suka bener ke Bekasi dengan comline alias kereta api commuter line.

Enak aja, ga deg-degan kejebak macet di tol Jakarta-Cikampek.

Yaa walaupun harus sedikit agak lebih lama ya, karena harus transit di Manggarai..

Tapi saya dan suami suka mengajak anak-anak ketemu grandma & grandpa-nya dengan naik comline..

Wih, tentang panggilan grandma-grandpa harus ditulis dalam satu tulisan khusus nih..

CIYEHHHH

;P

Akhirnya memang pas kejadian balckout kemarin itu kami masih di Bekasi..

Awalnya tuh saya kira Ksatria lagi iseng.

Di jam kejadian blackout (sekitar jam 12 siang kurang beberapa menit) saya lagi di kamar mandi.

Ksatria suka iseng mematikan lampu saat saya di dalam kamar mandi.

Saya pun tenang-tenang aja keluar kamar mandi.

Pas mencoba nyalain kok ga nyala-nyala, baru deh mulai panick attack~

HUKS~

Ibu mertua saya super husnuzhon mengira bahwa listrik turun karena ga kuat aja..

Dimulailah penelusuran ke teras depan.

Pas dicek ngga ada apa-apa, ibu mertua saya super-super menenangkan dengan sangat elegan meminta semua bersabar menunggu ayah mertua saya..

Beliau suka paham masalah kelistrikan gini.

Pas ayah mertua turun dari kamarnya di lantai 2 hendak ke masjid menunai sholat Dzuhur, baru deh..

Baru deh tuh...

Baru ketauan deh tuh...

Bahwa listrik ga turun, bahwa ini mati lampu..

Tapi dasar ayah mertua saya super sholeh, beliau tetep super seloww~

Tetep Dzuhur berjamaah tepat waktu ke masjid..

Kami pun yang perempuan-perempuan sholat di rumah.

Begitu beliau pulang dari masjid membawa info dari tetangga yang kerja di Pln tentang "suralaya", "gangguan skala nasional", "kayanya akan lama",

Dimulai deh panick attack di batin Bu Deyak

>,<

HUHUHUHU.


Gimana kalau selama mati lampu (+air pam mati), anak-anak saya pup? Mencret?

Sampai jam berapakah mati lampu ini?

Bagaimana nanti kami pulang ke Depok?

Aduh, seriusan aneka pikiran melintas deh di dalam benak saya..

Tapi emang takdir Allah paling te-o-pe be-ge-te.

Allah Maha Mengetahui (yaiyalah) dimana tempat terbaik untuk saya menghabiskan waktu saat pemadaman listrik..

Ya di BEKASI! DI RUMAH MERTUA!

Duh, beneran ini mah, ayah mertua dan ibu mertua saya tuh dua-duanya super-super husnuzhon bangetttt~

Ga mengeluh, ga cemberut, 

Mereka SABAAAT BUANGET selama pemadaman listrik ini.

HUHUHUHU.

HUHUHUHUHU...

Sungguh berbeda dari diriku, di alam pikiran aja udah bergemuruh, di raut muka juga udah keliatan..

BU DEYA CEMBERUTT KARENA PANIK DAN KESAL

PLN LAGI KENAPA SIH,

PMS APA GIMANA,

SEMPET-SEMPETNYA MATI LAMPU SEGINI LAMA,

TOLONG DONG WOY!!

ET DAH

:'((

Tapi sungguh benar Allah menempatkan kami masih di Bekasi deh pas kejadian blackout deh,

Beneran deh..

Ibu mertua saya masyaAllah banget, 

Beliau memastikan semua keluarga mendapatkan makan lengkap (nasi-lauk pauk).

Meja makan diisi terus dengan lauk pauk.

Kan orang ga jadi marah kalau kenyang, kan?

Anak-anak saya pun asyik-asyik aja, lari-lari keliling..Main di kasur..

Terus pas laper, ya tinggal makan dari lauk pauk yang disediakan sama grandma mereka.

Ayah mertua saya juga cakep bener.

Beliau tilawah Al-Qur'an di kamarnya di lantai 2..

Sayup-sayup terdengar lantunan ayat suci Al-Qur'an..

Oh, Allah...

Ngademin hati banget, HUHUHUHUHU

T_T

Sungguh tepat kami ada di rumah Bekasi selama blackout.

Tapi suasana ala-ala dunia zombi kami rasakan ketika perjalanan ke Depok..

Saya dan suami memutuskan menyewa mobil untuk pulang ke Depok..

Tidak naik comline karena blackout masih terjadi.

Jam menunjukkan waktu Maghrib.

Kami sholat Maghrib terlebih dahulu.

Suami saya menambah dengan sholat sunnah safar.

Jangan ketawa, tapi seriusan suasana tuh udah deg-degan kalau buat saya pribadi.

Menempuh Bekasi-Depok dalam keadaan mati lampu dimana-mana.

Ide itu aja udah nyeremin banget buat saya, apalagi pelaksanaannya.

DUH!

Dan beneran aja dong. 

Serem abis.

Serem kabina-bina..

Biasanya cuma 50 menit - 1 jam perjalanan dari Bekasi ke Depok ini jadi molor banget.

Semua lampu merah mati.

Suasana macetos barbados (macet banget sinting gilak miring) terjadi di mana-mana.

Saya udah dzikr sejak awal perjalanan.

Mana ga sempet nyetok makanan buat di mobil.

Alhamdulillah sih anak-anak udah saya suapin sebelum berangkat.

Tapi ga nyangka akan MUACET BUANGET kaya gini.

Ya Allah, saya udah mo nangis pas sulung saya mulai cranky karena lapar.

Suami saya sigap memimpin doa sebelum tidur.

Alhamdulillah mereka beneran jadi tidur dong abis itu.

WKWKWKWK

:'))

Terimakasih atas pertolongan-Mu ya Allah..

Sungguh deh, beneran deg-degan menerabas lalu lintas di tengah-tengah blackout..

Jalanan tol juga jadi serem abis.

Iya sih, lampu dan gardu tol tetep nyala, tapi area di samping-samping tol jadi kegelapan murni dong.

Hiiiy~atuuut, Mamaaaaa~

Menuju deket-deket Depok masih berharap listrik nyala, tapi apa daya beneran masih mati dong...

Hiks-hiks-hiks.

Tapi bersyukur aja dulu..

Nyampe Depok jam 9.30 malam, total 3 jam Bekasi-Depok yang cuma seiprit banget di peta itu..

Huhuhuhu~ya amfunn~~subhanallah, astaghfirullah...

Nyampe rumah, anak-anak ga digantiin bajunya, diajak tidur ajalah langsung, wakakakak...

Eh 15 menit kemudian lampunya nyala!

Alhamdulillah!!!!

Mari langsung nyalakan AC!!!

:')))




Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "BLACKOUT 2019"

Comment