kartini award

Dan ketika masalah menderas
Atau ujian mengguruh
Dirimu tetap kokoh di sana
Dengan semangat yang mengalir
Di jiwa perempuanmu yang lembut

Maka engkaulah kartini itu


Kartini Award buat Potani


Nerusin tulisan saya tentang asisten rumah tangga saya yang baru,, saya mo nulis lagi tentang sosok perempuan luar biasa ini lagi..

Potani memang bukan perempuan yang biasa-biasa ajah.. Bayangin deh,, Di usia yang udah ga muda lagi (usia beliau udah 50 tahun-an), beliau tuh tetep semangat kerja banting tulang jadi asisten rumah tangga dari satu rumah ke rumah lain. Selain di Cikumpa no.86, Potani juga bekerja di beberapa keluarga lain..

Sebenernya, saya ga sering-sering amat ketemu sama mpok yang satu ini. Biasanya sih kalo hari Jumat saya suka ketemu. Maklum, Jumat emang saya ga ada kuliah (tapi teteuuppp pergi juga,,he..).

Biasanya Potani langsung menuju belakang begitu nyampe.. Beliau akan langsung nyuci ato nyetrika di kamar belakang.. Oya,,Potani juga ngepelin se-rumah loh.. Makanya,,kalo hari Jumat ato weekend gitu lah,, Mamah saya pasti nyuruh saya buat ngepel seenggaknya. Satu, buat bentuk kewajiban sebagai penghuni Cikumpa no.86 dan Kedua, buat ngeringanin tugasnya si mpok juga..

Potani adalah sosok perempuan yang polos dan bener-bener banyak cerita. Tapi sampe sekarang saya ga tau tuh apa si mpok tau nama saya ato nggak,,hehe. Abis, kalo manggil saya “adek” dan manggil si teteh “kakak”,hoho

Oya,,Potani tu kalo udah ngomong lucu banget!hehe,khas orang betawi gitu lah. Istilah-istilah yang digunakan pun suka mancing ketawa qta-qta yang ngedengerin.. Contohnya pas nyebut motor dengan “roda dua”.. Ato kesulitannya si mpok buat nyebut “perawat”.. Jadilah sampe sekarang si mpok taunya si “kakak” (alias teteh) kerjanya tuh jadi “bu bidan”,,hihiy,,Potani,,Potani..

Ternyata,,di balik segala jenaka dan kepolosannya itu,,Potani menyimpan energi kehidupan yang luar biasa. Bagaimana tidak, beliau adalah seorang janda dengan 3 anak yang sudah berkeluarga tapi pada nganggur dan 6 orang cucu yang semuanya butuh makan tiap harinya..

Subhanallah,,saya benar-benar merasa melihat semangat keperempuanan yang menderas dalam diri seorang Potani.. Semangat khas seorang perempuan yang berdiri tegak di tengah badai masalah,, benar-benar sesuatu yang patut diapresiasi..

Saya benar-benar merasa senag dengan kehadiran seorang Potani di rumah. Meski tidak permanen, Potani sudah menjadi bagian dari Cikumpa No.86. Bila ada arisan ato ada rezeki maka Potani dibagi dan pasti beliau akan menerimanya dengan berseri-seri tiada terkira..

Makasi ya,,mpok,,gara-gara Potani,, baju-baju jadi cepet pada ada lagi di lemari,,hohoho ^^ (masih takjub aja gituh,,baju dipake pas pagi-pagi eeh,, pas malem udah dicuci oles disetrika rapih)

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "kartini award"

Anonim mengatakan...

gw kira pas baca potani itu nama pahlawan hehe..^.^ ternyata si mpok..namanya bukan tani de, itu nama anaknya..ya..gitulah de susahnya cari uang untuk hidup makanya kita (kita??elu aja kali gua enggak!!) kudu ngehargai usaha mamah cari duit, jangan boros yak adey bobih ku...

Comment