Potani Kartini

Potani,, sosok Kartini moderen bagi saya.

Sekarang ini di rumah saya ada asisten rumah tangga buat urusan cuci-setrika baju. Yaa,,emang ga permanen sih. Jadi beliau cuma dateng buat nyuci dan nyetrika terus pulang deh.

Nama aslinya saya ga tau persis tapi kami biasa memanggilnya Potani (baca: Mpok Tani). Wanita paruh baya ini adalah tetangga sahabat saya Aisyah Bidara yang memang sehari-hari menjadi buruh cuci-setrika di lingkungan rumah saya.

Kebetulan, kakak saya yang biasa bertugas cuci-setrika sekarang sudah bekerja di rumah sakit. Jadilah, Ibu saya mempekerjakan Potani untuk urusan cuci mencuci.

Saya biasanya amat jarang bisa bertemu si Mpok ini. Maklum, saya berangkat sekitar pukul 8 pagi dan hampir selalu sampai rumah lagi pada malam harinya.

Sedangkan Potani ini paling lama hanya sekitar 3 jam berada di rumah saya. Biasanya dimulai pukul 9 pagi dan pulang pada waktu zuhur. Tapi, kadang Potani kembali lagi ke rumah saya untuk mengangkat jemuran bila dilihatnya belum ada orang rumah yang pulang dan hari segera hujan..

Sejujurnya, saya sangat merasa terbantu dengan kehadiran Potani. Yaa,,emang sih bukan saya yang cuci-setrika.. Diralat deh.. Sejujurnya,,Ibu dan kakak saya sangat terbantu dengan kehadiran Potani ini.

Nenek 6 orang cucu (wow!!) ini adalah stereotype orang Betawi yang nyablak alias cerewet bin bawel. Emang sih pada awalnya saya harus ekstra sabar banget kalo beliau lagi di rumah,,,abis ngomong melulu,he,,bcanda,mpok! >.<

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Potani Kartini"

Comment