Kenangan Manis di Lautan

Udah pada denger kan berita kecelakaan kapal laut beberapa kali dalam satu minggu ini?
Parah banget..

Menurut saya ga ada itikad baik secuil pun dari pemimpin Indonesia buat mengembangkan lautan kita..

Apa sih maunya, malah mau bikin JSS atau Jembatan Selat Sunda. Setelah jembatan Suramadu yang sukses membuat mati perkapalan Surabaya-Madura..

Emang bener dah, Indonesia udah jauuuuuuuhhh bangeeet dari kearifan lokalnya sendiri.. LAUT.
Indonesia itu jiwanya laut, teman! Bukankah kita Nusantara? Nusa antara lautan. Pulau demi pulau yang mengambang tenang di lautan.. Seluruh makhluk hidup yang damai hidup tenang di dalam lautan... Pelaut dan kapal-kapal cadas yang mengalun di antara pulau..

Indonesia itu jiwanya laut.

Dan saya pun terbayang kenangan di lautan ketika di Rote dulu.

Bau lautan yang khas..
Saya ingat,  saya selalu seneeeng sekali kalo pagi-pagi atau pas siang hari bolong ngajakin Eka, temen saya, buat bengong di pantai Rote (yang cuma 5 menit dari rumah kita) waktu itu.. Rasanya damaaaai banget duduk di depan laut...

Begitu juga ketika ke Bira kemarin itu.
Laut di pagi hari itu sangaaat cantiiik..

Dan makasih sangat buat Nela yang maksa saya untuk bisa snorkling.
Melihat langsung ke dalam laut.
Padahal saya GA BISA BERENANG SAMA SEKALI.
Tapi karena pemaksaan itu saya jadi bisa melongok langsung ke dalam. Ke jantungnya laut.. Dan saya berkesimpulan...

Laut itu cantik luar biasa..

Dan saya masih terkenang-kenang terumbu karang yang mahaindah di lautan kepulauan Seribu..

Sayang banget dari Jakarta (Muara Angke), transportasi ke lautan Kepulauan Seribu cuma ada satu hari sekali.
Dengan kapal motor penumpang yang sederhanaa banget (penumpangnya pada ngegelosor di papan triplek >>> ga ada tempat duduk)

Oiya, pas nyebrang ke Rote dari Kupang, saya inget banget kapal feri-nya..
Ukurannya bisa dibilang sedang untuk ukuran kapal feri, malah terhitung kecil,
tapi waddduh....motor-motor dimasukin paksa aja gituh.

Pas saya tanya, katanya soalnya kapal feri ke Rote ini bisa cuman seminggu sekali adanya.
Jadi pada maksain biar pada keangkut gitu.
Huhuhu.
Gimana gak jadi rawan ya transportasi lautan kita?

Terus saya masih inget ketika di Kapal Perang TNI saat membawa saya ke Pulau Ndana.
Lautan Hindia...
Dan di selatannya ada benua Australia..
Rasanya indaaaahh bangeeet.
Dan keluarga angkat saya selama di Rote yang bela-belain naik perahu kecil ke Pulau Ndana cuma buat bertemu..

Laut.. Ada banyak kenangan manis di sana..

Namun lautan yang cantik itu telah menjadi pelahap maut yang hebat karena salah urus.... Sedih..
:'(

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Kenangan Manis di Lautan"

Ecky Agassi mengatakan...

Indonesia, negara dengan ribuan pulau, harusnya punya prioritas terhadap transportasi laut,
Contoh Jepang, setelah PD 2 Jepang sangat memprioritaskan industri maritim,
di Indonesia?transportasi laut di daerah Ibukota negara (pulau seribu) aja gak maju..

semoga akan ada perubahan..

Comment