Donor Darah

Kira-kira sebelum SPMB ketika saya kelas 3 SMA, itulah kali pertama saya donor darah.. Sejak saat itu saya jadi doyan donor darah. Hahha. Doyan karena sampai sekarang saya udah 4 kali donor darah *baru juga 4 kali,dey..*.


Setiap ada acara donor darah saya pasti langsung merasa excited dan nge-save tanggal pelaksanaan dan tempat penyelenggaraan donor darah itu.. Tapi seringnya saya lagi haid jadi ga bisa dan ga boleh donor...


Pernah sekali waktu saya boong. Hihihi. Ngakunya ga dapet terus pas di cek HB ga lolos karena HB saya kerendahan. Wadoh wadoh..ya iyalah. Kan kalo orang haid HB-nya emang otomatis turun jadi ga bisa donor darah. Hihihihi. Bandel yaaaaah.


Pas donor darah pertama kali saya juga baru tau kalo goldar (golongan darah-red) saya berubah. Wuih kaget bener saya. Sama perawat darah-nya saya kekeuh ngeyel : “Mbak, masa sih mbak goldar saya AB??Sejak kecil goldar saya kan A”, Mbak perawat: “Yuk deh, kita tes ulang di depan mbaknya yaaa....”


Dan VOILLLAA! ternyata goldar yang selama ini saya yakini memang salah...goldar saya yang sebetulnya adalah AB!! Ah, saya jadi pengen nangis pas tau goldar saya AB *lebay*, hahahha, bukan pengen nangis deng tapi bersyukur aja, bersyukur karena saya ga membutuhkan transfusi darah sebelum2nya, ntar kan berabe..Keluarga saya taunya saya bergoldar A padahal goldar saya AB.. Kalau darah yang ditransfusi ga sama bisa terjadi penggumpalan darah. Yang katanya O donor universal dan AB resipien universal hanya jika dalam keadaan gawat..

 Hmm, tapi aneh juga ya knapa bisa berubah begitu. Kalo kata perawat darah-nya sih itu emang kejadian yang biasa. Gitu.

Makanya kalo orang butuh transfusi pasti selalu dicek lagi goldarnya apa..jadi insyaAllah ga bakal salah transfusi darah.. Wah, alhamdulillah deh ya kalo begitu *syahrini-ing ceritanya, hahahah*

Yap, goldar AB ini membuat saya jadi sukaaaaa banget sama donor darah. Kenapa oh kenapa karena goldar saya ini LANGKA. Huhuhu.... cuma sekitar 2% populasi manusia yang bergoldar AB. That’s why saya merasa terpanggil buat selalu donor darah... Dan donor darah selalu membawa manfaat buat si pendonor *bukan cuma si penerima*. Walau tiap donor saya ga mau liat jarum dan kantong darah saking ngerinya, tapi toh ngeri saya kalah sama empati saya...huehehehhe

Jadi, apa goldar kamu,pembaca??? Dan apakah kamu sudah rutin donor darah?? ^_^ yuk rutin donor darah 3 bulan sekali. Buat yang nemu event donor darah ikutin aja kalo nggak ada datang deh ke PMI cabang kota kamu. Buat yang di Kota Depok, ada di RSUD kok. Selamat Donor Darah!!!

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Donor Darah"

Puti mengatakan...

aku gak pernah bisa donor darah dey, berat badanku kurang mulu :(

Fajrie mengatakan...

pengen banget mengalahkan rasa takut buat donor darah, tapi malah takut nyusahin orang karena gw muntah -__-
ga kuat liat daraahhh

Comment