#JusticeForAudrey dan Pengalaman Mendapat Bullying Saat SMP




Dunia netizen Indonesia terhenyak atas kekerasan yang melibatkan 12 siswi SMA terhadap Audrey, seorang siswi SMP. Kejadian keji ini berlangsung di Kota Pontianak.

Secara mengenaskan, Audrey mengalami kekerasan dari mulai dibenturkan kepalanya, diijak perutnya hingga yang paling fatal dirogoh alat kelaminnya oleh siswi-siswi SMA tersebut.

:’((

Saya kaget banget pas baca berita ini. Di dalam pikiran saya adalah APA SIH ALASAN ANAK-ANAK SMA INI?

Ya Allah ternyata alasannya adalah COWOK!

Dan si Audrey ini cuma sepupu si “perebut cowok”, bayangkan cuma sepupu! Bukan si perebut cowok itu sendiri.

Astaghfirulloh, saya sampe bingung setengah mati lho. Sumpah, ini anak-anak cewe ABG bener-bener sumpah keterlaluan deh.

Saya pikir makin kesini, dampak internet dan TV menyebabkan anak-anak cewe ABG mendapatkan modelling untuk berkumpul dan memiliki power melalui bullying.

Ah, padahal kenapa sih yah,

Kenapa gitu loh, ga damai-damai saling menyayangi gitu.. Kan enak lho bersahabat, berteman, saling mencintai saling menyayangi.

Huks.

Saya pun jadi teringat pengalaman pribadi saat SMP jaman dahulu. Saya pernah menjadi korban bullying.

Alhamdulillahnya “hanya” bullying verbal.

Kenapa saya kasih tanda kutip di kata “hanya” karena sebetulnya sekadar verbal sekalipun sangat menyakitkan sekali loh.

Huhuhu...huhuhuhu....

:’(

Jadi saya waktu itu, saya ingat di kelas 2 SMP kejadiannya. Saya tergabung dengan sebuah geng (tuh kan, anak-anak remaja memang doyan membentuk geng/perkumpulan yah)

Nah, geng saya itu awal-mulanya baik-baik saja.

Malah terlalu manis sih, mereka memberi saya pesta kejutan saat saya ulang tahun. 

Kemudian kami bersama-sama berhijrah menggunakan pakaian muslimah alias jilbab.

Kemudian petaka itu datang.

Saya tiba-tiba dijauhi secara perlahan. Lama-lama saya merasakan perbedaan perlakuan teman-teman satu geng saya itu.

Sampai pada akhirnya saya pun dipanggil ke musholla sekolah lalu dimulailah adegan bullying.

Untungnya di musholla yak tempatnya.

Wkwkwk.

Mungkin karena faktor musholla, jadi bullyingnya ga parah sampai fisik gituh.

Ternyata mereka di musholla itu mengabarkan kepada saya bahwa saya secara resmi dikeluarkan dari geng.

Waduuuuh, kalau ditulis sekarang si JIJAY tapi pas mengalaminya sih saya nangis bombay.

Ahahahahahahahahahahhh.

Jadi bullying verbalnya itu mereka mengatakan alasan saya dikeluarkan yaitu karena saya……

Apa hayoh, tebak dong

Yang bener dapet hadiah nih.

Hadiahnya naik haji bila mampu sendiri-sendiri

Yaaaah. wkwkwkwk

>,<

Jadi kata mereka saya BAU BADAN makanya saya dikeluarin dari geng itu.

Yang mau ngakak waktu dan tempat dipersilahkan.

HAHAHAHA….HAHAHAHA…..HAHAHAHAHA….HAHAHAHAHA….
HAHAHAHA…..HAHAHAHA….HAHAHAHAHA….HAHAHAHAHA…..

;’))))

Sungguh luar biasa bukan??

Tapi beneran deh, seriusan, saya bukan yang hiper apa gimana gituh loh keringetannya. 

Cuma pas jaman SMP itu kayanya karena baru pubertas yah, saya ga tau bahwa saya harus make sesuatu yang namanya DEODORAN.

Asli, pas dipikir sekarang mah gara-gara itu doang. Gara-gara saya ga pake deodoran.

Astagah…

Wkwkwk.

Tapi Dey, mungkin emang mengganggu banget kali makanya sampe dikeluarin dari geng.. 

Yaiya, pastilah mengganggu banget.

Lha bayangin ajah anak SMP, baru pubertas, ga pernah kenal apa itu deodoran, ya bau ketek lah

HAHAHAHA

:’)))

Eh, balik lagi tapi ke #JusticeForAudrey, yang mau saya soroti adalah saya yang cuma urusan bau badan bullying-nya aja sampe setua gini ga lupa-lupa, apalagi dia coba loh....

Menurut saya nih yah, memang sih…. Memang sih, si korban bullying juga kudu diteliti kenapa bisa ga stand up saat dibully kaya gitu…

Iyaa, saya sih melihat kalau di kasus saya, ya karena fatherless kayanya yaaa. Saya kekurangan kepercayaan diri karena ga ada sosok ayah yang dominan dan mengayomi saya gitu deeh.

Konon, eh nggak, berdasarkan teori juga kok di Psikologi Perkembangan, sosok ayah itu gede banget dampaknya buat kejiwaan anak perempuan….

Nah, itu baru tentang korban bullying. Kalau pelakunya gimana Dey??

Ya lebih-lebih lagi sih menurut saya, harus diteliti kenapa urusan remeh temeh dari mulai bau badan, sampe urusan cowok, bikin anak perempuan jadi beringas gitu?

Apa faktor keluarganya?

Apa faktor media masa?

Apa kombinasi keduanya?

Ah, pokonya mah, saya inget betul deh, abis dikeluarin dari geng jaman SMP itu, saya nangis 7 hari 7 malem pokonya.

Sediiih buangetttt.

Iya, remeh abis soal gituan doang, dikeluarin dari geng doang, kan masih buanyakkk temen-temen lainnya.

Tapi kalau secara teori Psikologi Perkembangan di masa remaja memang sih anak-anak itu menganggap teman-temannya (termasuk pacar) adalah pusat dunianya..

Jadi begitu ada masalah dengan teman, ya seolah-olah runtuhlah dunianya…

Dan seolah-olah ga ada jalan keluar lagi…

Ya karena itu tadi karena memang pada fase remaja memang lagi menganggap teman lebih penting dibanding keluarga..

Jadi, intinya kayanya mah salah kita eh saya juga mungkin ga bisa milih temen yang bener.

Wkwkwk

;p

Fast forward ke SMA, saya ga tergabung geng manapun di SMA. Tapi saya masuk organisasi dan ekskul.

Di sanalah saya menemukan teman eh bukan teman, sahabat deng yang luar biasa suportif, baik-baik, dan ajaibnya sampe sekarang mereka masih tetep baik banget

;’)

Jadi kayanya ini masalah cara milih temen aja ya…

Dan memang aura SMA tuh memang sudah rada dewasa ga siih dibanding SMP (yaiyalaah)

Ya tetep ada bullying, tapi menurut saya itu kembali lagi cara milih temen dan lingkungan yah.

Tapi untuk kasus #JusticeForAudrey ini rada unik. Audrey si korban ini cuma sepupunya target yang tadinya mau dibully.

Kenapa malah si Audrey yang dikeroyok?

Sampah banget emang itu bocah-bocah ABG. Asli deh, harusnya dibikin kesibukan aja mereka tuh....Pada disuruh bikin acara OSIS, ROHIS, PASKIBRA, atau apa kek, pokonya dibikin sibuk.

Saya percaya banget deh, anak-anak ABG yang terlibat kesibukan (organisasi, ekskul) itu less brutal dan less ngurusin orang lain maksudnya bullying.

Ya gimana sempet mikirin kesono coba

Proker (program kerja) organisasi setumpuk, rapat-rapat, bikin acara, nyari dana, latihan, duh, bagus pokonya mah, sibuk yang berfaedah!

Daripada sibuk mikirin cowok.

Ini kasus #JusticeForAudrey pangkal masalahnya rebutan cowok loh. Astaghfirulloh.

Sungguh lho, nirfaedah sekali.

Dan yang bikin kesel berlipat-lipat, si pelaku, sempet-sempetnya playing victim dengan bikin postingan di IG:

“Netizen pada menghakimi aku cuma dari 1 kesalahan aja”

Ya Allah, gemes saya tuh, pengen saya uyel-uyel itu kepala dede-dede cantik ABG baru mentas itu….

Ya Allah…… Mereka tuh sungguh yah fakta terbenar bahwa masa muda itu harus diisi dengan kesibukan deh….

Asli deh, kita pun seumur gini juga kan? Kalau ga sibuk dengan kebaikan ya sibuk dengan keburukan..

Nih yah, bahkan Pak Anies Baswedan itu punya prinsip bagus banget lho.. jadi kata beliau “Sibuk dalam berbagai urusan itu baik, karena menghindarkan diri dari maksiat”

Nah kan! Betul sekali Pak! Hehehe. Saya juga setujuuuu~

Huft~ makanya deh di kasus #JusticeForAudrey ini ada beberapa hal yang kepikiran oleh saya….

1.      Untuk pelaku, para gadis-gadis SMA itu, saya kebayangnya mereka tuh dihukum. Dengan cara dipenjara, tapi di dalam penjara itu mereka disuruh baca buku, bikin rangkumannya, no hp sama sekali, dan disuruh banyak-banyak baca Al-Qur’an juga

2.      Untuk orang tua pelaku, orang tua si gadis-gadis SMA itu menurut saya harus setiap minggu jengukin anaknya di penjara, mendengarkan presentasi mereka tentang buku yang mereka baca. Terus tiap bulan bikin dialog atau apa kek antara orang tua dengan anak-anaknya.

3.      Untuk Audrey si korban menurut saya harus didampingin psikolog sampe tuntas traumanya. Mau 1 tahun, 2 tahun, 3 tahun, dia harus dipulihkan sepulih-pulihnya sampai tiada dendam terasa di dalam dirinya. Sampai dia meyakini bahwa dia masih dan selalu punya masa depan yang cerah

Itu sih yang kepikiran. Bodo amat itu anak-anak SMA pelakunya masih di bawah 18 tahun, mereka kudu di penjara

Biar memutus rantai kemanjaan mereka. No hp sama sekali. Biar mereka ngerasain lah, turning point lewat kesusahan di dalam penjara.

Disuruh baca buku, biar otaknya keisi sama nilai-nilai selain Instagram dan kawan-kawannya.

Disuruh peresentasi biar menambah kepercayan dirinya menyebarkan nilai-nilai kebaikan.

Disuruh bikin dialog sama orang tuanya biar terbangun bonding atau ikatan di antara mereka, biar kedepannya saling percaya, saling mencintai, dan kalau mau melakukan apa-apa inget nama baik orang tua mereka

:’((

Sungguh deh, kasus ini bikin saya kepikiran tentang dunia hukum juga…

Betapa dunia hukum dan dunia psikologi harus sering-sering kolaborasi. Biar ketemu titik tengahnya yang okey…

Kaya misalnya di kasus ini kan yang dikhawatirkan adalah usia gadis-gadis pelaku itu yang di bawah 18 tahun sehingga ga bisa dikategorikan sebagai orang dewasa

Nah, terus juga kalau dari sisi psikologi, ada yang namanya konsep psikologi sosial.

Nah lebih belibet lagi tuh…

Bahwa secara teori Psikologi Sosial sebetulnya saat individu melakukan pengeroyokan secara grup itu ada kondisi namanya deindividuisasi..

Deindividuisasi itu kondisi di mana kalau orang bergerombol itu akan lebih berani dan lebih pede dalam melakukan tindakan apapun (termasuk kriminal)...

Nah padahal kan kalau di mata hukum tuh ga pernah ada hukuman kepada grup, pasti hukuman tuh satu-satu kepada perseorangan…

Jadi kalau dibawa ke ranah hukum jadi harus gimana tuh titik temunya ya, auk dah, wkwkwk.

Intinya sihh,

Kalau buat kita nih para orang tua…..

Menurut saya nih,

Udah harus makin deket sama anak, menganggap mereka tuh bukan bayi tetapi dewasa, memberikan mereka tanggung jawab dan kewajiban

Semua itu bukan karena kita tega tetapi karena kita tuh orang tua mereka…

Tugas kita adalah mendidik mereka jadi manusia-manusia dewasa yang punya adab, nilai, dan values kebaikan…

Huft~udah kaya sok bener aja lau Dey…

Iyak, ini juga menasihati diri sendiri namanya.. Karena setelah punya Ksatria dan Senapati saya jadi makin paham betapa beratnya jadi orang tua…

Dan kasus #JusticeForAudrey ini menyadarkan kembali tentang pentingnya ikatan yang erat antara orang tua dan anak…

Tidak boleh ada anak-anak yang merasa berhak menjadi pelaku bullying apapun alasannya

Dan seharusnya tidak boleh ada anak-anak yang merasa lemah sehingga merasa pantas menjadi korban bullying juga

:’((

Ah, jalan masih panjang…

Indonesia ini memang banyak masalahnya. Tapi insyaAllah banyak juga kok orang berilmu dan beramalnya

Semoga Audrey mendapat keadilan di dunia dan para pelaku pengeroyokan Audrey mendapat tindakan hukuman yang memberi mereka titik balik dari orang-orang yang abai menjadi orang yang peduli terhadap sesama….

Amin, amin, amiiiin ya Robbal Alamiiin


Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "#JusticeForAudrey dan Pengalaman Mendapat Bullying Saat SMP"

Putry Amouy mengatakan...

Wujudkan Impian Anda Disini & Ajaklah Teman-Teman Anda Semua Untuk Ikut Bergabung Bersama Kami Hanya Di http://www.dewalotto.me !!!
Raihlah Mimpi Anda Setiap Hari & Jadilah Pemenang !!

Comment