-
-
-
Hallo, Guys! Apakah kalian pernah mendengar kata Copywriting?
Nah, kalau belum, mari kita berkenalan dengannya ya!
Melalui sebuah buku tulisan Dewa Eka Prayoga ini kita dapat mengupas habis tentang seluk beluk Copywriting.
Sebelum itu, mari kita tilik bareng-bareng yook biodata bukunya...
Judul buku : Easy Copywriting Contek Abis, Sampai Laris!
Penulis : Dewa Eka Prayoga
Penerbit : Delta Saputra
Cetakan : Cetakan Keenam September 2016
Nah, jadi apa sih sebetulnya yang dinamakan makhluk Copywriting itu?
Hehe, yuklah kita bahas satu demi satu!
Pada bab pertama buku ini, Kang Dewa (begitu dia akrab disapa oleh para followersnya) menceritakan kisah pribadinya membangun bisnis.
Bisnis mensyaratkan adanya penjualan atas sebuah barang atau jasa.
Disinilah definisi Copywriting pun terbentuk.
Secara sederhananya, Copywriting adalah suatu bentuk teknik pemasaran melalui tulisan yang bisa meyakinkan pembeli untuk membeli barang ataupun jasa kita.
Kang Dewa membeberkan bagaimana sebenarnya cara mendapatkan saat kita berbisnis online.
Ada 3 hal yang patut dicermati sejak awal :
1. Traffic
Jumlah kunjungan ke laman medsos atau website produk kita.
2. Conversion
Jumlah kunjungan yang dapat berubah menjadi penjualan produk kita.
3. Relationship
Bagaimana caranya agar hubungan antara pembeli-penjual terjaga dengan baik.
Nah, Kang Dewa memang sudah teruji dalam ketiga hal di atas.
Eits! Tapi tenang saja, di dalam buku ini Kang Dewa memapakan bagaimana cara-caranya kok.
Salah satu hal penting yang disebutkan yaitu MEMBANGUN KOLAM IKAN.
Hahhhh?
Ternyata kolam ikan yang dimaksud adalah sekumpulan potensial customer yang bisa kita ubah menjadi potensial buyer.
Kang Dewa memberikan teknik-teknik bagaimana caranya membangun kolam ikan...
1. Kumpulkan alamat email
2. Kumpulkan member grup FB
3. Kumpulkan nomor hp
Ketiga hal di atas dapat semakin terbantu dengan adanya website pengumpul email atau akun FB.
Nah, pertanyaan selanjutnya, setelah membangun "kolam ikan" apalagi yang harus kita lakukan???
SHARING-SHARING DULU, SELLING SELLING KEMUDIAN
Demikian jurus dari Kang Dewa tentang kolam ikan.
Setelah membuat kolam ikan, kita tidka boleh langsung menjual produk kita.
Melainkan harus berbagi info-info menarik kepada para potensial customer tersebut.
Contoh paling anyar dari penjelasan ini adalah MUKENA SYAHRINI.
Tau dong cerita tentang kesuksesan penyanyi Syahrini dalam menjual mukena yang per pax-nya senilai 3.500.000 rupiah itu.
Nah!
Syahrini mengawalinya dengan sangat tepat.
Dia membuat Instagram khusus Mukena Syahrini sebagai KOLAM IKAN yang siap dia jaring saat waktunya yang tepat tiba.
Di IG MUKENA SYAHRINI itu dia berbagi info-info yang menarik.
Lalu saat waktunya tepat (mendekati Lebaran), DHUARR!
Syahrini berhasil menjual ribuan mukena yang seharga 3.500.000!
LUAR BIASA...
Tapi tenang saja, Kang Dewa tidak berhenti sampai di jurus KOLAM IKAN.
Setelah itu, Kang Dewa pun membagikan bagaimana teknik membuat copywriting yang baik.
Apa sih kriteria copywriting yang menarik?
YAITU KALIMAT YANG MEMBUAT PEMBELI YAKIN MAU MEMBELI. TITIK
Begitulah Kang Dewa menjelaskan dalam buku ini.
Nah, bagaimana tuh jurus membuat copywriting yang baik?
Ternyata untuk membuat sebuah copywriting yang baik, kita membutuhkan sebuah anatomi copywriting.
ANATOMI COPYWRITING :
1. HEADLINE
2. PENAWARAN
3. ALASAN - TESTIMONI - BONUS
4. CALL TO ACTION
5. GARANSI
6. N.B
- Headline yang baik berarti iklan dari iklan kita.
Kang Dewa menngajarkan jurus membuat headline dengan kalimat-kalimat bombastis , seperti :
"GRATIS! HANYA HARI INI SAJA!"
Tentu saja nanti kita akan mempelajari lebih lanjut bagaimana masing-masing headline akan bisa disesuaikan dengan produk yang kita jual.
- Penawaran berarti kalimat yang bisa meyakinkan pembeli untuk membeli produk kita karena telah mengetahui produk kita
Kang Dewa mensyaratkan ketiga hal berikut :
PENGANTAR PRODUK, DESKRIPSI PRODUK, DETAIL MANFAAT
Jika kita tidak bisa memberikan detail manfaatnya maka Kang Dewa mengatakan:
ANDA BELUM BENAR-BENAR YAKIN DENGAN PRODUK ANDA!
- Alasan
Sebagai pembeli, kita harus memberikan alasan kepada pembeli untuk mau membeli produk kita.
Hal ini bisa berupa testimoni ataupun bonus yang relevan.
INGAT, TIDAK SEMUA TESTIMONI HARUS DIPASANG!
Hanya tunjukkan yang dahsyat, spesifik, dan berbentuk cerita..
Bonus juga bisa menjadi alasan pembeli untuk memutuskan jadi membeli.
Berikan bonus yang ada nilainya, relevan dan berkualitas.
MISALNYA BONUS KALENDER EDUKATIF UNTUK BUKU ANAK-ANAK.
- Call To Action
Nah, Call to action ini artinya kalimat yang memanggil pembeli untuk membeli HARI INI JUGA, DETIK INI JUGA,
SEKARANG JUGA, SEKARANG JUGA, SEKARANG JUGA!
Kang Dewa membagikan teknik agar kalimat call to action kita efektif.
1. Tulislah kalimat call to action lebih dari 1 x
2. 1 penawaran dalam 1 kalimat
3. To the point
Contohnya :
BELI SEKARANG JUGA!
- Garansi
Kang Dewa mengatakan bahwa garansi berarti penjual harus dapat menyentuh rasa frustasi pembeli..
Menurut dia, pembeli tidak mau terlihat BODOH & TAKUT DIBOHONGI.
Dengan adanya garansi, penjual dapat melibas habis keraguan pembeli untuk membeli produk kita.
Di dalam garansi, penjual membangun empati dengan pembeli.
- N.B
N.B atau bagian tambahan paling bawah janganlah disepelekan.
Di dalam N.B kita dapat menuliskan 3 hal berikut ini:
1. Social proof
(Tunjukkan berapa banyak orang yang sudah menggunakan produk kita)
2. Scarcity
(Tunjukkan seberapa terbatas waktu atau produk kita sendiri)
CONTOH KALIMAT N.B:
SIAPA CEPAT, DIA DAPAAAT!!
LEBIH DARI 1.500 ORANG SUDAH MERASAKAN JURUS INI!!
Nah, untuk hari ini kita cukupkan di sini yaa.
Di tulisan selanjutnya, saya akan sharing tentang 13 headline mematikan dari Kang Dewa.
Tunggu ya!!
💋💋💋💋💋💋💋💋
Belum ada tanggapan untuk "Mari Berkenalan dengan Makhluk Bernama Copywriting!"
Posting Komentar