Weekend Yang Rumit



Ya, saya baru saja mengalami akhir pekan yang cukup rumit.. Kenapa rumit, karena banyak sekali unsur dan faktor yang terlibat di dalamnya.. Ada beragam perasaan juga kemarin di weekend. Kita langsung masuk ke cerita intinya yuk...

Jum’at, 12 Oktober 2012 yang lalu saya seharian gak ngantor dan istirahat di rumah mamah. Pas sore-sore, suami saya pulang kerja dan kita seperti biasa ngobrol-ngobrol tentang hari itu. Eh, gak lama, ada oom saya telpon, mengabari berita duka.. UWA NANA BARUSAN MENINGGAL.

Uwa Nana adalah kakak laki-laki dari ayah saya.

Duh, Allah. Rasanya pas denger berita Uwa Nana meninggal, hati saya mencelossss banget! Kayak orang linglung, saya mulai merepet nangis gak jelas sambil cerita tentang Uwa Nana yang pas nikahan saya bela-belain dateng dari rumahnya di Cimara, Kuningan, Jawa Barat.. Sambil sesenggukan nangis, suami saya menenangkan saya. Dan saya langsung pengen pulang ke Cimara saat itu juga.

Gak lama kemudian, Mamah pulang kerja.. Dan si  Mamah ternyata HAPENYA KETINGGALAN SEHARIAN. Oke. Jadi Mamah pun baru tau kabar Uwa Nana meninggal. Dan sms demi sms dan telpon demi telpon berdatangan. Aduh, saya ga bisa berhenti nangiss. Jujur deh, saya ngebayangin klo yang meninggal itu babeh alias bapak saya. Saking deket dan miripnya Uwa Nana sama babeh.

Habis menenangkan diri, sekitar setelah Maghrib, saya mengajak Mamah untuk pulang ke Cimara malam itu juga. Gimana ya, saya setengah merajuk setengah memaksa.. Mamah pada awalnya GAK SETUJU saya ikut ke Cimara, lha wong bumil mual-mual seharian sampai gak ngantor, eeh malah mau menempuh perjalanan 8 jam menuju desa di timur Jawa Barat.. ckckck.

Tapi hati saya memang udah ga bisa dibendung, saya mau sekali ke Cimara..

Akhirnya dengan niat takziah, suami saya mulai cari mobil sewaan untuk kami sekeluarga ke Cimara.. Keluarga kakak saya, Teh Dhika juga akan ikut soalnya. Termasuk si little-man Kenzi Abhinaya, maka diputuskan sewa mobil 24 jam pp Depok-Cimara-Depok.

Sekitar pukul 22.00 WIB hari Jum’at kami sekeluarga (Mamah+saya+suami saya+ kakak saya+ suami kakak saya+ kenzi little man) bertolak ke Cimara.. Sebelumnya Mamah seperti biasa menginstruksikan kami untuk sholat istikharoh dan sholat safar. Sholat istikharoh memohon peneguhan hati atas keputusan yg diambil yaitu pulang ke Cimara malam-malam dan sholat shafar memohon perlindungan untuk perjalanan 8 jam yang akan ditempuh.

Subhanallah bukan main, Allah Maha Pengabul Doa, kami sekeluarga dapet supir + mobil sewaan yg bagus dan baik.. Kenzi pun bisa tidur pulas sepanjang perjalanan karena cara bawa mobil si pak supir sangat nyaman dan memperhatikan kondisi penumpang. Alhamdulillah..

Saya sendiri alhamdulillah sekali ga merasakan mual ketika di perjalanan. Mobil yg disewa soalnya cukup nyaman. Jadi saya juga merasa nyaman.. Alhamdulillah.

Kami sekeluarga sampai ke Cimara pada pukul 07.00 keesokan paginya.. Sebetulnya target sampai ketika subuh tapi beberapa kecelakaan di Pantura membuat kemacetan (ih ngeri deh ada bis masuk ke sungai di Indramayu dan saya melihatnya dengan mata kepala saya sendiri)

Sesampainya di Cimara, kami langsung menuju rumah Uwa Nana.... Semburat kesedihan melingkupi. Kami ternyata yang ditunggu untuk kemudian jenazah Uwa Nana akan disholatkan. Memasuki halaman rumah Uwa Nana, saya melihat sosok babeh alias bapak saya berdiri di pintu. Saya memeluk beliau sambil terisak.. Saya inget Uwa Nana masih begitu muda, 53 tahun, hanya berbeda 2 tahun dengan babeh.. Bagaimana kalo habis ini babeh yg meninggal dan saya masih belum memberi kebahagiaan buat babeh??

Ah, isakan memenuhi rumah Uwa Nana.. Saya melihat putri tunggal Uwa Nana dan ibundanya dengan wajah sembap dan tangisan tiada henti. Hati saya gerimis. Saya peluk cepat-cepat karena tak ingin menambah sedih mereka dengan isakan saya....

Isakan saya pecah saat babeh alias bapak saya membukakan ikat kafan Uwa Nana kepada saya sekeluarga yang baru datang. Ah, hati saya pecah serasa digidam palu raksasa saat itu. Wajah membiru itu sudah tak bernyawa...dan beliau adalah Uwa Nana, kakak dari ayah saya sendiri

Setelah itu jenazah Uwa Nana disholatkan di musholla yang alhamdulillah dekat dengan rumah beliau. Suami saya ikut menyolatkan. Saya masih tergugu bertemu dengan sepupu-sepupu dan tante-tante saya dapihak babeh yg lain. Rasanya ada “blessing in disguise”  saat melihat keluarga Jayawisastra (keluarga babeh) bisa berkumpul sekomplit ini.. Mungkin hikmah wafatnya Uwa Nana salah satunya ini, silaturahim, kumpulnya keluarga yang bahkan ketika Lebaran kami suka berselisih jalan sehingga tidak bertemu di Cimara..

Uwa Nana pun akhirnya dikebumikan di pemakaman Sukamulya yang hanya berjarak 300 m dari rumahnya...

Saya menggamit tangan mamah sepanjang pemakaman.. Haru menusuk. Pilu membakar hati. Saya melihat Abah Dadang, kakek saya dari pihak babeh, tampak terpekur. Beliau tak melepas pandangan sedetik pun saat jenazah putra sulungnya dimasukkan ke liang kubur

Saya juga melihat sosok babeh berdiri dengan kaos berlumur tanah membantu proses penguburan.. Juga adik-adik babeh yang keseluruhannya ada 7 bersaudara (kini jadi 6) itu tampak terpekur menatap Uwa Nana yang dimakamkan.

Duuh, hati saya nyess sedih sesedih-sedihnya pas di pemakaman itu deh..

Pulang dari pemakaman saya dan keluarga ber-istirahat di rumah Abah Enjum, kakek saya dari pihak Mamah.. Hmm, ada hikmah dibalik wafatnya Uwa Nana, saya sekeluarga bisa ke Cimara dengan full team begini.. Tapi sayangnya karena kami menyewa mobil hanya 24 jam, pada siang p ukul 14.00 kami mulai berpamitan dengan semua saudara dan kembali ke Depok lagi..

Weekend yang rumit tpai juga berkesan.. Dzikrul Maut, mengingat kematian.. Juga sekaligus sarana ber-silaturahim yang jarnag terjadi, saya sekeluarga bisa full team ke Cimara.

Semoga Uwa Nana dilapangkan kuburnya dan Teh Febi, putri tunggalnya, bisa menjadi anak yang sholihat sehingga bisa menjadi amal jariyah bagi Uwa Nana. Amiin Amiin Ya Robbal ‘Alamiin

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Weekend Yang Rumit"

Comment