Pengalaman kerja (kembali)


Well, hallo apa kabar :’) kali ini saya mau kasih cerita tentang pengalaman kerja saya. Bukan kerja tetap sih. Tapi tetep banyak cerita serunya.

Jadi ceritanya LPT UI (Lembaga Psikologi Terapan UI) lagi butuh tenaga data entry buat digitalisasi berkas-bekas psikotes buat bikin norma baru. Buat yang ngga tau apa itu norma, silahkan gugling “norma alat tes” yak! :D

Nah saya daftar tuh buat jadi tenaga data entry. Dengan segala semangat dan kegembiraan membuncah. Maklum ya gengs, ini Dea tuh udah lama banget ngga merasakan ritme pergi-pulang kerja.

Jadilah saya saking semangatnya dateng kepagian di hari pertama. Bukan kepagian, tapi kepagian banget banget. Hahaha. Jadi saya tuh suka matiin paket data kalau hp lagi dipegang sama Ksatria biar dia ngga nyasar ke YouTube. Ternyata pas senin pagi itu ada email dari Mas Cahyo (CP proyek ini) bahwa brifing ditunda jadi jam11 bukan jam10 seperti email sebelumnya.

Dan tau gak siih??

Saya tuh jam 8 pagi udah ada di kereta CommuterLine sambil senyum-senyum walau kedempet sana-sini. Senyum-senyum bahagia persis kaya orang pertama kali kerja. Hahahahahaha

Pas di Stasiun Manggarai baru sempet buka hape dan menyalakan paket data, terkejutlah liat email. Brifing jadi jam 11 siang. NAH LOH. Gimana ini jam 8.30 udah sampe Cikini aja bro sis. 
Wkwkwkwkwk. Dasaaaar tukang kepagian, dari kecil saya udah sering dimarahin sama orang tua karena kebiasaan kepagian ini. Hufttt

Saya pun turun di Stasiun Cikini dengan perasaan bingung. Bingung karena :

1.Saya ngga tau LPT UI di mana. Ini pertama kali saya ke sana

2.Masih jam 8.30 dan brifingnya jam 11

Astagah. Itu kalo digambarin, hati saya kaya campur aduk antara es krim sama bakwan gitu deh. 
Wkwkwk. Super aneh dan ngga jelas.

Dengan memberanikan diri, saya mantap coba berjalan ke Cikini Gold Center dan jalan ke dalam gang sampingnya. Berdasarkan google maps itu adalah jalan tembus menuju Gedung UI Salemba di mana di dalamnya terdapat gedung LPT UI.

Dan tau gak siih?? Saya nyasar aja loh. Hahahahahaha. Rasanya malu-maluin gimana gitu udah kaya persis banget anak lulus kuliah yang baru nyari lokasi tempat kerja pertama kali.

Entah gimana, dengan ajaibnya saya nyasar nembus-nembus di tengah RSCM tau ga siiih. Untung ngga nyasar ke kamar mayatnya yak. Astagah pemirsah, beneran dodol bgt yak. Wkwkwkwkwk

Pas akhirnya saya menemukan gedung LPT UI itu sekitar jam 10.30 setelah melambat-lambatkan jalan. Hahaha. Tau gak saya kemana dulu hayoo. Duduk-duduk cantik dongs di tiap masjid yang saya temui termasuk masjid ARH. Clingak-clinguk ngarep ada anak FK yang seger-seger lewat eh yang lewat malah mamang-mamang tukang bersih-bersih ;p ;p ;p

Itupun saya duduk lama di lantai 1 karena super deg-degan mau naik ke lantai 2 tempat brifinya dijadwalin. Setelah menabah-nabahkan dan memotivasi diri sendiri, saya naik ke lantai 2 gedung LPT UI buat ketemu sama si Mas Cahyo. Eh sama resepsionisnya saya langsung disuruh masuk ke ruang 303.

Pas saya buka pintunya saya liat udah banyak orang lagi ngitungin kuesioner di lantai gituh. Karena merasa itu tugas saya, saya langsung gabung dan ikut ngitungin kuesioner.

Ternyata salah ruangan dong, hahahahaha. Itu proyek data entrr kuesioner PT KAI bukan data entry berkas LPT UI. Langsung lah saya keluar ruangan dengan penuh rasa malu dan kebelet pipis *Haha*. 

Ini belum mulai kerja aja dramanya udah too much ya kaaak .>,<

Eh si Mas Cahyo baru ketemu kita-kita sekitar jam 1 loh. Dia kan psikolog gitu yak, jadi baru dapet kasus berat gitu. Jadinya dia ngaret karena kudu konseling itu kliennya. Dengernya bikin saya bengong loh, kaya kicep saking takjub dan mupengnya. Wkwkwk. Ternyata di dalam diri emak-emak ini masih teringat janji masa muda (tsaaah) untuk jadi psikolog :D

Yak dan akhirnya dimulailah proyek data entry di jam 1. Kerjaannya sendiri cuman ngetik doang kok. Tapi super detil dan banyak. Kita diminta ngetik berkas psikotes yang isinya lingkungan kerja (semacam biodata lengkap) dan nginput hasil tes dia di bidang logika verbal dan kepribadian..

Kebayangnya sih bakalan per jam bisa nginput 50 kuesioner yak.. Ternyata cuma 5 aja dong. Hahaha. Banyak banget boook

Nih ya, dimulai dari no.berkas, no.tes, nama lengkap, tujuan pemeriksaan, tempat lahir, tanggal lahir, usia dalam tahun, usia dalam bulan, alamat, no.telpon, no.hp, nama ayah, pendidikan ayah, usia ayah, pekerjaan ayah, dan lain-lain sampe kita muntah kelabang deh pokonya Hahahahahahhahahaha

Tapi tapi saya seneng deh, temen-temennya baik dan langsung nyambung gitu loh… Jadi proyek ini diminta nginput 1000 berkas psikotes jadi ada 4 orang inputer. Dan mereka semua baik-baik dan menyenangkan banget loh. Hohoho. Saya jadi senyum-senyum sendiri deh

Soalnya pas di perjalanan pagi harinya saya tuh berdoa loh, supaya Allah kasih temen-temen yang baik dan menyenangkan. Maklum, saya tuh eksternal banget orangnya. Kalau dapet temen yang baik, pasti motivasi kerja saya jadi meningkat deh.

Dan betapa bersyukurnya saya…. Temen-temen satu proyek ini asyik berat! Ada mba vera yang usia 32 dan udah lulus S2 tapi asyik dan suka ngobrol. Ada siraj, cowo lulusan psikologi UIN yang kalem dan sopan tapi ternyata koplak banget. Ada syifa, cewe ade kelas si siraj di UIN yang rumahnya di Depok juga.

Ya Allah… Saya ngga habis-habis loh bersyukur dapet temennya mereka di proyek ini. Mereka asyik bangettt. Sampe mau muntah karena muak nginput kuesioner jadi ngga jadi. Hahaha.

Mereka baik dan super menyenangkan sekali. Ternyata golongan darah kami berempat tuh beda semua loh. Hahaha mistis bener yak tapi saya sih rada percaya sama kepribadian menurut golongan darah.

Jadinya kita berempat jadi cepet nyambung dan saling menyemangati. Sampai jam 7 malem masih pada semangat. Yap, hari pertama dilalui sampai jam 7 malem. Pertama kalinya saya pulang semalem itu setelah nikah. Rada-rada cemas eh pas liat orang masih rame bener di stasiun jadi ngerasa aman. 

Wkwkwk. Kampungan yak

Total sih proyek ini berlangsung dari hari Senin sampai hari Jumat (5 hari). Ditemani hujan riuh rendah sampai hujan gerimis, saya menikmati pengalaman kerja yang menakjubkan. Naik kereta yang super penuh. Pulang juga naik kereta super penuh sampe ngga pegangan pun ga bakal jatoh. 

Akhirnya saya tidur loh di tengah himpitan. Hahaha. Ngantuk mo digimanain lagi kaaaak :D

Terus gimana Ksatria, Dey?? Nah itu dia tuuuh. Ternyata bagian ga enaknya itu di bagian Ksatria, gengs…

Dia dititipin sama Bu Mus pembantu saya yang udah kerja dari 2 tahun lalu. Bu Mus ini tetangga. Jadi dia pembantu yang PP ngga nginep gitu.

Hari pertama alhamdulillah ada ibu saya yang emang lagi cuti sehabis nemenin nenek saya yang sakit (nanti saya ceritain di postingan lain). Hari kedua juga ibu saya masih cuti karena mau istirahat sehabis seminggu nemenin nenek saya. Hari ketiga dan keempat, Ksatria full ditemenin Bu Mus saja di rumah.

Ayahnya pulang tepat waktu jam 4.30 sore sudah sampai rumah. Sama-sama kepikiran tapi saya harus 2 jam menempuh perjalanan ke Depok, kalau ayahnya kan tinggal 30 menit karena kerja di UI.

Tiba-tiba di hari Kamis sore itu, saya dikirimin foto oleh ayahnya Ksatria. Ksatria sakit. Penisnya bengkak dan dia keliatan nahan kencing.

…..

Hati saya rasanya pecah. Rasanya saya mau punya pintu kemana saja buat menyambungkan Salemba langsung ke rumah saya. Pikiran saya mikir hal buruk. Kenapa Ksatria, diapain itu sampai penisnya bengkak.

Super gelisah, saya ngebut pulang ke Depok.. Sampe jatoh di tangga Stasiun Cikini saking lari ngejar kereta. Dan lompat ke gerbong tengah yang isinya bapak-bapak karena ngga sempet ke gerbong cewe di ujung.

Tapi sengebut-ngebutnya, saya toh tetep nyampe jam 9 malam juga. Ksatria lagi diusap-usap punggungnya oleh ayahnya. Saya disuruh mandi dan makan malam dulu.

Rasanya saya mau nangis. Meledak dalam kesedihan. Ini pasti salah saya karena berani-beraninya songong ngambil proyekan full day dari pagi-malam gini.

Besoknya saya ijin telat dateng ke LPT UI karena mau bawa Ksatria ke dokter anak. Alhamdulillah ada dokter anak jam 8 pagi di RS deket rumah, saya bawa Ksatria yg lagi demam. Sambil terus-menerus merasa sedih dan bersalah, saya dikasih tau bahwa Ksatria kena ISK.

Ksatria kena Infeksi Saluran Kencing. Menurut dokter, itu karena riwayat fimosis yang emang udah lama ada di Ksatria. Fimosis itu keadaan dimana lubang penis kecil jadi harus segera disunat atau dibersihkan dengan seksama biar ga numpuk dan berakibat jadi ISK

Ya Allah…saya sedih banget dengernya. Ksatria dikasih obat antibiotik sama penurun panas. Ples saran untuk segera disunat aja biar ISK-nya ngga berulang

Pulang ke rumah jam 9.30 pagi, Ksatria tidur dengan lelap. Mungkin karena udah dikasih obat penurun panas kali ya. Alhamdulillah

Dengan menabah-nabahkan hati, saya titip sekali lagi Ksatria ke Bu Mus dengan tambahan pesan lebih banyak dari hari-hari sebelumnya. Pesan untuk minum obat,takaran obat, untuk rutin perbanyak air putih untuk Ksatria, untuk membersihkan penis Ksatria dengan seksama dan lebih bersih lagi

Dan saya pun menuju LPT UI jam 10 pagi. Rasanya saya jadi belajar banget. Segimanapun gede gajinya atau kaya rayanya saya karena kerja full day, saya ngga mau jadi ibu bekerja. Sungguh.

Kegembiraan dan kebahagiaan karena saya bisa aktualisasi diri kerja di tempat yang saya sukai karena berhubungan dengan ilmu saya ngga ada apa-apanya pas menemukan anak sakit. Blas. Langsung amblas. 

Saya langsung menarik nafas panjang.. Rasanya pengalaman kerja di LPT UI ini untuk dilakukan sekali-sekali saja dan penuh perencanaan matang. Bukan untuk dilakukan rutin

Dan rasanya pengalaman kerja ini kaya semacam simulasi yang Allah kasih ke saya, setelah selama ini saya terus mengeluh tentang rutinitas saya yang meaningless. Iya, di rumah aja memang meaningless buat sisi ego saya, tapi ini memang waktunya saya di rumah.
Ada sosok bernama Ksatria yang butuh saya di rumah. Iya..

Dia butuh saya

Akhirnya, pengalaman kerja di LPT UI ditutup dengan perasaan luar biasa, karena merasa mendapatkan hikmah yang banyaaaaak banget. Hiks. Bingung ih. Pengalaman 5 hari yang rasanya pengen saya bikin novel saking panjangnya pengen saya ceritain.

Sekarang Ksatria udah sembuh.. Dan saya masih simpen kontak temen-temen di LPT UI. 

Semoga lain waktu kalau pas perencanaannya dari segala sisi, saya bisa kerja lagi ya di LPT UI. Menyenangkan sekaliii huhuhuhu

Alhamdulillah segitu dulu cerita saya kakaaa. Hahahaha. Makasih loh udah mau baca. Tetep saling doain ya kakaaa. Semoga saya suatu hari nanti bisa kerja lagi dengan gelar sebagai psikolog :*




Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengalaman kerja (kembali)"

Comment