Bagaimana Mempengaruhi Jiwa Anak : Sebuah Nostalgia sekaligus Pembelajaran Bagian 1



Assalamualaikum! Hai, para pembaca!! Saat ini saya mau membahas sebuah bagian di buku “Prophetic Parenting” yaaa. Buku ini super keren dan berfaedah banget menurut saya. 

Bahasanya enak, font-nya enak, dan isinya dalil yang bikin kita manggut-manggut melulu.

Tapi namanya buku mungkin sangat berkaitan sama berhubungan atau nggak-nya bahasan dalam buku tersebut. Nah, karena saya baru jadi orang tua 6 tahun ini jadilah bahasan buku “Prophetic Parenting” sangat related bagi saya sih.

Heuheuheu~~sekalian mengakui nih ceritanya bahwa saya tuh masih kurang ilmu dan kurang banyak deh jadi orang tuanya Ksatria sama Sena!

Tapi yang namanya mengakui kelemahan tuh tanda awal belajar kan jadi marilah kita optimis dan terus bergerak jadi orang tua yang baik.

Yihha!

Btw, pas baca buku ini saya malah keingetan dan nostalgia sama bagaimana orang tua saya (ibu saya) mendidik saya lhoooo.

Apalagi bagian mendidik jiwa ini. Duuuh, beneran poin-poin-nya membuat saya bernostalgia bagaimana dahulu ibu saya mendidik saya.

Huks~~

Okelah daripada kepanjangan pembukaannya, wkwkwk, marilah kita bahas langsung aja yaaa!

BERMAIN DENGAN ANAK

Cara pertama untuk membangun jiwa seorang anak ternyata adalah dengan bermain bersamanya.

Aah.

:’)

Ngademin banget ga siiih? Rasulullah itu ternyata menyempatkan waktu melulu lho untuk bermain. Bukan cuma dengan anak-anak beliau sendiri, tapi dengan anak-anak sahabat-sahabatnya.

Ini menunjukkan bahwa bermain itu bukanlah sebuah kegiatan yang buang-buang waktu tapi justru jadi sarana penting membangun jiwa seorang anak.

Sejujurnya saya ketampol banget sih. Hiksss~

Ksatria itu energi-nya guedhee bangeet. Jadilah saya sejak hamil Sena udah jarang banget main sama dia.

Biasanya saya nyari-nyari alesan ya cape ya sakit ini ya sakit itu, ada juga jiwa lo kali dey yang sakit! Huhuhu~~

Maafkan ibu ya Ksatria. Dia tuh sebenernya suka banget main yang fisik gitu. Lari, lompat, jalan, memanjat, nah tau sendiri ya saya udah renta gini. Ga bisa lama-lama aktivitas fisik macem gitu.

Wkwkwk.

Saya bersyukur banget punya suami yang baik, dewasa, pengertian dan suka bermain dengan kedua anak lelakinya. Setiap pulang kerja sejak Ksatria bayi hingga sekarang udah nambah anak jadi ada Sena, suami saya selalu mengajak anak-anak kami bermain.

Main apa aja?

Main khas cowo ya pasti kaya yang tadi saya sebutin itulah. Lari, lompat, memanjat, kuda-kudaan.

Prok-prok-wushh!!! Semangattt Pak Jatts. Hehehehe.

Ternyata metode bermain bersama anak ini bisa membentuk jiwa anak-anak karena anak jadi akrab dengan keluarganya. Di buku “Prophetic Parenting” juga disebutkan bahwa orang tua yang main sama anak melindungi anak-anak jadi teman yang buruk.

Hukssss. Ini masih jadi PR besar saya sih, teman yang buruk. Huffff. Kapan-kapan yaah saya bahas di postingan yang lain.

Oiya, waktu saya kecil, saya masih ingat ibu saya juga selalu menemani saya bermain saat beliau libur bekerja.

Kalau pas beliau kerja, saya main sama tetangga. Alhamdulillah dulu tuh saya punya tetangga satu keluarga yang semuanya menyukai anak kecil.

Jadilah saya (si anak kecil waktu itu) dari pagi sampai malam maiiin aja di rumah tetangga saya itu. Huhuhu. 

Makasih banyak ya keluarga Mba Yuli Mba Murti, yang udah jadi teman bermain masa kecilkuu.

MENANAMKAN KEGEMBIRAAN

Okey, hal kedua untuk membentuk jiwa seorang anak adalah menanamkan kegembiraan terhadap anak itu.

Terdengar sederhana dan memang kegiatan yang mencakup di dalamnya sederhana, tapi sumpah deh ternyata punya efek luar biasa bagi jiwa seorang anak.

Dari buku “Prophetic Parenting” tertulis bahwa kegiatan menanamkan kegembiraan yaitu : menyambut kedatangan mereka, mencium, bercanda, mengusap kepala, menggendong, menimang, memberikan makanan, makan bersama mereka.

Aaah

:’)

Luar biasa sederhana tapi efeknya ga sesederhana itu ternyata… Saya sendiri jadi merasa terharu bahwa keberadaan saya di rumah menyebabkan saya dengan bebas melakukan hal-hal yang disebutkan di atas.

Tadi kadang-kadang membuat saya jadi ga melihat itu sebagai sebuah nikmat..

Padahal itu luar biasa ya sebuah hal yang harus disyukuri bangettt.

Okelah, nanti sepulang Ksatria sekolah, saya mau gendong dia ah!

Orang tua saya pun menerapkan hal ini bahkan dengan segala yang terjadi di antara mereka berdua.

Saya masih ingat betul ibu saya yang setiap sepulang kerja akan menanti cerita seharian tadi saat di sekolah.

Atau ayah saya yang setiap siang menanti saya pulang sekolah lalu mengajak saya makan ketoprak bersama-sama..

Ahhh

:’)

Hal-hal semacam itulah yang ternyata membangun jiwa anak… Hal-hal sederhana yang terlihat seperti “kewajiban” atau “sudah sewajarnya orang tua” padahal itu adalah tuntunan yang dianjurkan Rasulullah dalam membangun jiwa anak-anak…

Rasulullah sendiri diriwayatkan di banyak kesempatan terlihat bergembira bersama anak-anak.

Nantinya ketika anak-anak itu dewasa sebagian besar mereka jadi periwayat hadist (ucapan, tingkah laku Rasulullah)

Masya Allah… Memang top ya Rasulullah itu… Ga salah kalau di buku “Prophetic Parenting” disebutkan bahwa Rasulullah itu punya kemampuan setara psikolog dalam membentuk tingkah laku manusia..

Masya Allah..

:’)

Bertepatan nih hari Jum’at, Allahumma sholli alaa Muhammmad~~ Cinta kami padamu ya Rasulullah..

Iya, ah. Nanti sepulang Ksatria sekolah saya mau gendong dia. Berat sih, tapi ternyata itu signifikan dan anjuran Rasul dalam membentuk jiwa anak-anak

Terbaiiik!!!

MENGADAKAN PERLOMBAAN

Nah, cara berikutnya untuk membangun jiwa seorang anak adalah dengan mengeluarkan potensi terbaiknya dengan mengadakan perlombaan.

Seru ya ternyata?

Ternyata memang Rasulullah sendiri pernah diriwayatkan membuat semacam cerdas cermat gituloh.. Rasul bertanya dan anak-anak berlomba menjawabnya.

Aaahh so sweet yaaa

:’)

Ternyata di dalam buku “Prophetic Parenting” disebutkan bahwa perlombaan dapat mengungkapkan potensi anak-anak yang tersembunyi.

Iya sih bener banget.

Ksatria itu gembira banget pas HUT RI 17 Agustus ada banyak perlombaan di RT kami. 

Wah, itu luar biasa banget lho semangat Ksaria.

Suami saya yang mendampngi sampai ikutan seru dan menganggap Ksatria harusnya juara 1 tuh...

Cuma karena ada 1 orang bapak-bapak memohon kepada panitia agar anaknya jadi juara supaya ga menangis jadilah Ksatria jadi juara 2.

Hehehe..

No problemo sih sebenernya ya.. Tapi dari cerita suami saya di atas saya jadi menyimpulkan bahwa Ksatria itu bersemangat bangettt sampai suami saya juga ikut semangat dan bangga banget jadinya liat proses dia lomba…

:’)

Emang sih saya liat-liat Ksatria ini luar biasa banget semangat dan daya juangnya dalam hal apapun. Termasuk dalam berargumen sama ibunya tiap mau mandi.

Nah yang ini biasanya bikin ibunya keluar tanduk deh jadinya…Wkwkwk.

Sementara itu saya jadi nostalgia dulu saya juga didukung oleh ibu saya untuk mengikuti perlombaan, bahkan sejak saya duduk di bangku TK.

HAHAHA, TK UDAH LOMBA, DEY???

Udah, siss. Beneran lho. Ibu saya tau banget manfaat banget mengikutsertakan anak-anaknya lomba jadilah kami (saya & kakak saya) didukung terus untuk ikut lomba di manapun dan kapanpun..

Pas saya TK itu tau ga saya lomba apaan?

Ayooo tebaaaak.

Pas saya TK itu saya ikutan lomba peragaan busana muslimah! Hihihi, gabut abis ya? Tapi seru dan lucu aja gituu.

Jadi menguji keberanian ya ga siih? Dan di jaman saya TK (tahun 1993) itu masih juaranggg buangett anak-anak kecil yang berbusana muslimah jadilah menarik banget buat dilombain…

:’):’):’)

Pas duduk di bangku SD juga saya pernah ikut perlombaan, waktu itu ada Porseni alias pekan olah raga dan seni. Itu sebutan buat lomba-lomba antar sekolah dari mulai tingkat kecamatan sampai tingkat nasional

Saya ikut lomba puisi.

JIYEEE

Uhuk-uhuk~ Dea Adhicita emang cinta kata-kata sejak dulu sih, eaaaak 😉

Dan tau ga siiih, pas saya lomba itu saya bertepatan sama kena penyakit cacar. Huhu. Serius deyyy? Iyyyaaa

Tapi orang tua saya ga menyerah lho. Hiksss

Ibu saya tiap malem menyemangati saya untuk berlatih baca puisi dengan tetangga tadi yang teman bermain saya di siang hari (Mba Yuli)

Ayah saya juga memberikan dukungan buat saya dengan mengantarkan saya ke tempat perlombaan.

Yang mana masih saya inget deh di mana itu tempatnya. Hihihi. Seorang Dea yang lagi cacar, dateng membawa virus.

Hahahaha. Maafin yaaa kalau waktu itu ada yang ketularan.

Tapi pesan moralnya adalah perlombaan anak kita itu sesuatu yang sangat bernilai dan bermakna buat perkembangan jiwanya…

Jadi dukunglah mereka untuk berlomba sepenuh jiwa sepenuh hati dan sepenuh-penuhnya semangat memberdayakan potensi diri…

Saya sendiri udah mulai suka puisi, kata, kalimat, sejak kecil.

Ini berkat ibu saya yang super duper keren bisa mengenali bakat saya sejak kecil. Ibu saya itu mempersilahkan saya membaca puisi-puisi yang ada di majalah.

Sabili dong dulu majalahnya, hahahaha.

Masya Allah. Semoga ibu saya yang super luar biasa itu inget yah bahwa beliau tuh super duper keren banget dalam mengaplikasikan anjuran Rasulullah.

Bener lhoo, jadi ternyata perlombaan itu anjuran Rasulullah dalam membentuk kejiwaan anak. Tapi tentu dalam koridor syariat yaaa semua lomba-lomba itu.

Jangan sampai melanggar syariat…

Misalnya membuka aurat, berbuat curang, melanggar waktu sholat, dll.

Oke sippp yaaak? Nantikan bagian ke-2 dari tulisan ini besok ya!! 😉

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Bagaimana Mempengaruhi Jiwa Anak : Sebuah Nostalgia sekaligus Pembelajaran Bagian 1"

Farah hasan mengatakan...

Siiiipp! Ditunggu dey! Makasih ya udah menyarikan buku ini 😊

Comment