Para Masjid Di Sekitar Smansa Depok

Yg pertama adalah Al-Muhajirin.

Sebut saja namanya Almu (lebay!) Masjid ini letaknya di sebelah SDN Depok Jaya yg juga bersebelahan dengan smansa. Selain masjid, Al-Muhajirin memiliki institusi pendidikan mulai dari TK sampai SMA.
Selain jadi tempat solat kalo lagi ada apa2 sama musola smansa, Al-Muhajirin juga jadi tempat buat mentoring yang paling seddap. Yapp, bukan rahasia lagi deh, Almu emang sering dijadiin tempat buat kumpul para aktivis dakwah smansa. Ya rapat ya mentoring, pokonya Almu ini cukup dekat di hati anak2 smansa (ehem).


Next, Al-Muwahidin.

Kalo yg ini gak punya nama panggilan (kayak Almu gitu). Meskipun gitu, ni masjid gak kalah dari Almu. Letaknya gak sedeket Almu memang. Letaknya di sebelah barat daya smansa (baca: lupa nama jalannya). Kalo gak salah di jalan pepaya (baca: ada yang tau tepatnya? >.<)
Al-Muwahidin punya halaman yang luas. Masjid yang bersebelahan dengan sebuah lapangan ini memiliki nuansa sejuk nan damai disebabkan cat putihnya yang khas.
Meski jarang dipake buat mentoring, masjid yang punya TPA ini lumayan suka dipake rapat juga. Saya masih ingat akan rapat pagi hari sebelum masuk sekolah waktu saya kelas 2 membahas AKSI (baca: ulang tahun smansa). Rapat diadakan pukul 6 pagi agar kami tidak terlambat masuk (baca: dikunciin Pa Rojak,,)

Selanjutnya, Nurul Islam.

Sebut saja namanya Nuris (tzahhh). Yapp, Nuris adalah singkatan dari Nurul Islam. Meski agak berbau feminim, Nuris masjid yang gagah loh. Dari kejauhan, kubah warna hijaunya sudah bisa terlihat. Nuris terletak di jalur angkot D01. Letaknya di dekat Jl.Mangga.
Nuris juga memiliki sebuah TPA didalamnya. Meski sedang dalam perbaikan, Nuris selalu terbuka bagi siapapun. Nuris memiliki 2 lantai (baca:belum jadi sepenuhnya). Saya memiliki memori mendalam akan Nuris. Meski lumayan jauh dari smansa, saya dan teman-teman (baca: pas kelas 2) sering mengadakan rapat di Nuris. Alasannya tidak lain tidak bukan agar jauh dari smansa (baca: hiruk pikuk sekolah).
Serius deh, rapat di Nuris bener-bener menyenangkan. Rapat yang dilaksanain sepulang sekolah tetep bersemangat (halah).
Nuris benar-benar masjid moderen dengan arsitektur yang indah. Sayang, sampai saya keluar dari smansa, Nuris belum selesai direnovasi.

Kemudian, Taman Firdaus.

Masjid ini letaknya di Jl.,Irian Jaya, jalan raya menuju SMPN2 dari depan Almu. Saya belum terlalu akrab dengan masjid yang satu ini. Baru seminggu yang lalu saya menginjakkan kaki di masjid Taman Firdaus untuk.
Dari tampak depan, Taman Firdaus mirip dengan masjid AL-Azhar di Kebayoran dengan tangga yang berundak-undak mnuju bagian dalam masjid. Sedangkan begian bawah digunakan sebagai ruangan TPA lengkap dengan lekar dan papan tulisnya.
Taman Firdaus tampaknya luput dari perhatian anak-anak smansa. Hal ini tak lain sebab jaraknya yang jauh dari Jl.Nusantara. Namun, masjid ini memiliki potensi untuk dimanfaatkan anak-anak smansa untuk mentoring ataupaun rapat dsb.


Yapp,itulah masjid-masjid yang saya tau di seputar smansa depok. Mungkin masih banyak masjid lain yang belum saya sebutin (baca: maabh yah??) Masjid-masjid yang berperan penting bagi kelangsungan dakwah di smansa. Masjid-masjid yang jadi saksi bisu perjuangan panjang menegakkan sebuah peradaban Islam. Allahu Akbar! ^_^

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Para Masjid Di Sekitar Smansa Depok"

Comment