Ilmu tentang Air Susu Ibu



Hari sabtu kemarin tanggal 12 Januari, saya dan aa jati dateng ke sebuah kelas edukASI yang diselenggarakan sama Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia alias AIMI cabang kota Bogor. Kenapa kita pilih ke Bogor, alasannya karena enak dan gampang naik KRL daripada ribet naik Deborah ke Cikal yang jadi tempat kelas edukASI-nya AIMI jakarta. Hehehe.


AIMI Bogor sendiri mengadakan kelas edukASI-nya di tempat penitipan anak bernama Qarnaina. Dari stasiun Bogor naik angkot 03 disambung angkot 05 yang arah Ramayana-Cimahpar. Alhamdulillah walau agak berat pas berangkat karena KRL-nya luamaa bangeet datengnya, saya dan aa jati ga telat2 amat kok. Hihi.


Pas dateng kita langsung disambut sama mbak-mbak ramah. Tempatnya sendiri berupa rumah yang disulap jadi tempat penitipan anak. Bersih, luas, banyak mainan anak. Di tengah ada layar LCD sama proyektor. Dan di depannya udah ada kursi dan sofa2 buat tempat duduk.
Acara dimulai dengan pemutaran video IMD..


Ah, dari sini aja saya udah berkaca-kaca...


Haru banget yah liat skin to skin contact pertama kalinya antara seorang ibu dengan bayinya :’) 


Walau duduk paling belakang karena telat dateng, saya fokuuuus banget sepanjang acara. Hehe. Si aa jati juga, sesekali mengangguk, sesekali mencatat, aah pokonya kamu-kamu wahai para istri, nanti wajib yah ngajak suaminya ke kelas edukASI! ^^


Dari kelas edukASI kemarin itu saya buanyaak banget dapet ilmu penting. Terutama pastinya tentang ASI. Walau kalian masih single, gapapa, nih saya bagi ilmunya, lumayan kan untuk bahan pengetahuan sebelum memasuki dunia parenting.


1. Standar Emas ASI.


Nahloh, apaan tuh standar emas ASI. Jadi, ternyata ASI itu bahasa lainnya adalah cairan emas. Cairan emas karena memang mengandung zat senilai emas yang logam mulia paling berharga yang pernah kita kenal. Nah, biar pemberian ASI optimal, harusss diperhatikan 4 hal ini : IMD, rawat gabung, ASI ekslusif sampai 6 bulan, ASI ekslusif + MPASI rumahan lokal setelah 6 bulan, dan ASI diteruskan sampai minimal 2 tahun.


IMD sendiri itu inisiasi menyusu dini. Menyusu bukan menyusui. Karena yang aktif si bayi jadi dipakailah kata "menyusu".


Super pentingnya si IMD ini, sampai-sampai saya dan aa jati berniat cari provider tenaga kesehatan yang benar-benar bisa support IMD buat bayi pertama kami nanti. Gak bisa diulang loh detik-detik awal kehidupan.


Dan saya senengg bangett suami saya tercinta ikut aktif dan peduli banget soal IMD ini. Harus memang kita proaktif, sodara-sodara. Ya cari ilmu. Ya cari tenaga kesehatan yang pro IMD. Pokonya proaktif!!


Setelah IMD, ga berhenti sampai disitu, rawat gabung juga penting banget,sob! Masalahnya di rumah sakit-rumah sakit pada umumnya niiih, bayi itu ditaroh di kamar bayi bersama bayi-bayi lain. Kalaupun kita mau rawat gabung biasanya jadinya kelas VIP dan harganya pasti mahal deeh,hihihihi.


Solusinya gimana?


InsyaAllah kita niatkan yang terbaik untuk anak, Allah akan kasih jalan, sob! Ya entah tiba2 dapet fasilitas kesehatan yang rawat gabung, atau dapet rejeki buat kelas VIP di rumah sakit,hehe. Yang penting kita niatin, ikhtiar sungguh-sungguh, insyaAllah Allah itu maha dekat kok!


Nah, klo tentang MPASI masih rada lama ya bok. Secara itu Makanan Pendamping ASI yang mulai dikasih ke bayi setelah dia usia 6 bulan.. InsyaAllah nanti kan saya mau jadi stay at home mother nih, cincay lah kukus-kukus bahan-bahan untuk MPASI-nya si kecil. Hehe.. Doakan yaa oom dan tante semua!


2. Say BIG NO to SUFOR


Nah! Poin super penting nih. Say BIG NOOOO to SUFOR. Hiiih, setelah ikut kelas edukASI kemarin dan liat fakta-faktanya beneran deh jadi berpikir kalau sufor itu senjata biologis buat merusak generasi muslim atau let’s say generasi di dunia ketiga deh. Jahat banget kandungannya! Masa ada cadmium yang bisa bikin agresif? Pantes aja makin banyak tindak kekerasan. Jangan-jangan itu efek sufor yang diminumin ke generasi kita-kita jaman baheula-nya.


Huhuhu. Paling sedih pas liat foto anak kembar di India yang satu disusui sama ibunya yang satu disusui sufor.  Jadi si ibu dipaksa lingkungan buat hanya menyusui anak lelakinya dan si anak perempuan disusui sufor.. Dan tau hasilnya? Si anak perempuan meninggal aja gitu loh dgn tubuh kurus kering dan si anak lelaki sehat wal afiat karena hasil ASI. Huhuhu.. Parah,parah,paraaaaaaaaah.


Sufor kayaknya emang semacam pengaturan pikiran (mind control) dan semacam senjata biologis deh. Emang sih boleh minum sufor dgn beberapa catatan kesehatan yang krusial. Tapi sejatinya ASI ga bisa tergantikan oleh sufor.


Ahli-nya ABBOT’S yang jelas-jelas memproduksi sufor aja merilis penelitiannya bahwa ASI ga bisa ditandingi oleh formula apapun dari sufor. Tuh kan!


Makanya, saya wanti-wanti banget sama ibu menyusui yang ada di sekeliling saya buat jadi pejuang ASI. Dan menjauhi si sufor ini.. Kalaupun ibunya kerja, perah aja ASI-nya kasihin lewat pipet, sendok, atau gelas.


Loh, emag ga boleh pake dot? Nah ini dia yang mau saya bahas selanjutnya..



3. Say NO to Botol Dot


Huwah, ini juga poin penting hasil kelas edukASI kemarin dari AIMI ASI. Penggunaan botol dot itu sangat banyak mudharatnya ketimbang manfaatnya. Dari proses pengeluaran air susu aja, ngedot sama menyusu langsung itu beda buanget.


Itulah sebabnya anak yang udah kenal dot, pas menyusu ke PD ibunya akan cenderung menarik puting yang ujung-ujungnya melukai PD si ibu.


Yang seru, pas di kelas edukASI kemarin diajarin loh perlekatan menyusu dan posisi menyusu yang efektif. Hihihi~intinya harus sedia banyak bantal. Buat menyangga punnggung, lengan, atau bagian tubuh si ibu biar gak pegal.


Botol dot juga bisa bikin karries gigi alias karang gigi, kenapa?karena mekanisme dot itu mengumpulkan susu di mulut ketika mulut penuh baru susu ditelan. Nah, si susu yang mengumpul ini yang bisa bikin karries gigi. Huhuhu.


Botol dot, kamu jahat deh. Jauh-jauh gih!


So, oom dan tante-tante, itulah sekelumit hasil kelas edukASI kemarin dari AIMI ASI Bogor. So far acaranya sangatt seruu karena buanyak pengetahuan yang baru bisa kita dapet ples prakteknya..


InsyaAllah saya dan aa jati mau jadi orangtua yang sukses menegakkan standar emas ASI buat anak-anak kami. Dimulai dari ikhtiar mendatangi kelas AIMI ASI ini semoga Allah meridhoi langkah kami berikutnya ya (IMD, rawat gabung, dll)


Ditunggu langkah kongkritnya untuk mengaplikasikan ilmu ASI ini ya oom dan tante *loh?* nikah gitu maksudnya,hehehe..


Love piss dari bayi ganteng di rahim ibunya :*

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Ilmu tentang Air Susu Ibu"

Fajrie mengatakan...

ribet banget ded klo ga pake dot, lama banget pasti kalo pake pipet dll itu..

Comment