still Filosofi Kopi

Still filosofi kopi,,guys..

Salah satu prosa di filosofi kopi yang saya sukai berjudul “spasi”..

Qta mulai dengan bait pertama,,

Seindah apapun huruf terukir, dapatkah ia bermakna apabila tak ada jeda? Dapatkah ia dimengerti jika tak ada spasi?

Keliatannya sederhana ya? Tapi emang bener juga.. Huruf menjadi dimengerti ketika qta membubuhkan spasi..Apalagi buat orang-orang yang suka baca dan nulis,,waah,,bayangin deh gimana kacaunya kalo tulisan ga ada spasinya..

Pasti ga punya makna yang bisa ditangkep (kcuali sama yg buat kali yaa)

Spasi,,hal kecil yang sering qta lupakan.. Perintilan yg pegang esensi..gitu?

Selanjutnya,,Dee,,membawa sang spasi ke ruang manusia,,menjadi metaphor indah

Bukankah kita baru bisa bergerak jika ada jarak? Dan saling menyayang bila ada ruang? Kasih sayang akan membawa dua orang semakin berdekatan, tapi ia tak ingin mencekik, jadi ulurlah tali itu..

Saya terhenyak,.

Ya, qta memang tidak ingin mencekik orang yang qta sayangi,tapi toh,, nyata qta sering melakukan itu baik sadar ataupun tidak..


Saya akan kutip 2 baris terakhirnya

Mari berkelana dengan rapat tapi tak dibebat. Janganlah saling membendung apabila tak ingin tersandung.

Pegang tanganku, tapi jangan terlalu erat, karena aku ingin seiring dan bukan digiring..

Huff,,so deep yah? Diksinya enak banget,,messagenya juga nyampe.. Pokonya saya suka banget sama prosa “spasi” ini..

Saya sih nangkepnya,,kalo qta mencintai seseorang bukan berarti qta mengekang atau jadi mendominasi.. Yang ada,,qta malah memberikan kebebasan atau “spasi” buat mereka.. Memberi kebahagiaan buat mereka,,Sebab,,cinta berarti membuat orang lain tersenyum..

(wah,,definisi barusan pure dari saya loh,hehe)

Tapi emang pada kenyataannya qta sering kali mengekang ato membebani orang-orang yang qta cintai ya? Moga itu cuma pikiran saya aja,,dan qta bisa membahagiakan orang-orang tercinta qta..

(renungan buat saya dalam lingkungan Cikumpa No.86,,mama,,dan te2h)

J’et aime,,everyone!!
^,^

Postingan terkait:

3 Tanggapan untuk "still Filosofi Kopi"

Ecky A. mengatakan...

dea emang deh..
tulisannya lembut.. :)
ringan but touched..

Anonim mengatakan...

hmm...aku juga suka banget sama "spasi"nya dee..kadang banyak orang yang mengaku sayang dan cinta ternyata dia malah tidak memberikan ruang bagi orang yang disyanginya(orang posesiv!!)..coba tanya ke diri kita sendiri apakah kita telah memberikan "spasi" pada orang yang kita sayangi??

batokelapa mengatakan...

"Pegang tanganku tapi jangan terlalu erat karna aku ingin seiring bukan digiring"....

kalimat itu menjadi shout out di Multiply ku! KEREN!

Comment