be a mom

Be a mom (sudahkah belajar???)

Hayo, ngaku deh, pasti ngerasa masih jauh banget mikirin topik yang saya angkat di atas, hehe, wajar koq. Survey kecil-kecilan yang saya lakukan menunjukkan kalo rata-rata cewe seumuran saya kaya gini emang nganggep belajar menjadi ibu sesuatu yang masih ntar-ntar aja dilakuinnya.

Yaa,,emang sih seumuran qta-qta rata-rata lagi pada kuliah dan belum menikah, tapi saya merasa tergugah dengan sebuah artikel di bulletin Yellow Spot. Artikel itu punya judul “ be a mom”.

Yap! Jadi ibu. Be a mom. Suatu saat setiap cewe pasti kesana juga kan arahnya. Begitu juga sama saya. Tapi, saya tertegun ketika saya sama sekali tidak mempersiapkan apa-apa untuk itu.

Be a mom. Ini soal bagaimana memenej sumber daya diri untuk mencetak generasi?? Hmm, menurut saya lebih dari itu. Be a mom adalah sesuatu yang qta terikat tanggung jawab dunia-akhirat, selamanya.

Sama sekali bukan pekerjaan ecek-ecek, ato kaya pekerjaan organisasi yang emang ada masa jabatan-nya, kalo masa jabat berakhir ya qta quit dari pekerjaan itu, tapi be a mom? Euh,,ga ada deh namanya quit-quit segala..

Be a mom menurut saya adalah pencapaian terbesar seorang cewe di muka bumi ini. Be a mom berarti (klo menurut saya) menurunkan ego pribadi karena qta harus bijaksana dalam merawat serta mengasuh anak yang notabene adalah titipan dari Allah SWT (inget!!gak tiap orang dikasih amanah buat dapet anak)

Huffff,,,, jadi malu sendiri. Saya pernah punya MIMPI bahwa saya akan mengajari anak-anak saya dengan tiga bahasa sekaligus, yaitu bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan bahsa Arab. Tapiiiii,,,sampe sekarang ajah, kesempatan buat les bahasa Inggris sama bahasa Arab belum ada-ada, hehe.

Be a mom, sesuatu yang jadi qta tidak pelajari karena berkutat dengan bangku sekolah dan bangku kuliah. Okey,, ada yang bilang itu semua bisa dipelajari dengan otodidak, tapi menurut saya, be a mom benar-benar memerlukan kesiapan yang utuh dan menyeluruh dan ini didapat dengan proses belajar bukan sekadar otodidak semata.

Mungkin, karena seumuran saya udah pada masuk tahap dewasa awal (emang gituh?), jadilah hal-hal seperti be a mom ini patut diseriusi. Makluuum, dewasa awal, saatnya mate selection, *ya kan?* Dan proses mate selection kan berarti juga proses parenting di mulai (bner gak sih?ngaco nih jangan2 si dey)… Hiiy,,serem juga siih kalo dibayangin.. *kabuuuuur* (nggak ding!bcandaa..)

Salah seorang sahabat cewe saya yang lumayan cuek dan kuliah di Teknik Arsitektur UI pernah bercerita bahwa dia pernah mendapat nasihat bahwa dalam memilih pasangan hidup, hendaklah qta tidak mencari suami tapi melainkan ayah buat anak-anak qta.. Yah, intinya sih, untuk menjadi ibu yang baik juga dimulai dengan memilihkan ayah yang baik pula. Kayak siapa yah??hhoho, mulai nglantur deh..

Hmm, jadi merenung sendiri, gimana yah belajar be a mom???
Jangan2 belum belajar, udah be a mom duluan, hehe *kabuuur*

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "be a mom"

Comment