Tentang bis kuning tersayang…

Kebetulan fakultas saya termasuk fakultas yang terletak di wilayah depan kampus sehingga tidak membutuhkan fasilitas bis kuning (baca: bikun). Tapi, kalo pingin ke fakultas lain apalagi yang udah beda zona waktu (lebay) kaya MIPA ato FKM, saya mau gak mau naik bikun juga.

Sebenernya bikun adalah fasilitas transportasi massal yang digemari bahkan oleh non-mahasiswa (baca: warga sekitar UI). Serius deh, mulai dari anak SD yang pulang sekolah sampe ibu-ibu mo kondangan, saya pernah ketemu semuanya di bikun.

Sebagai fakultas yang ga perlu naik bikun, saya sangat amat bersyukur sekali sebetulnya. Soalnya, bikun ini punya siklus yang ga menentu *maksa*, hehe, maksudnya kedatangan dan kepergiannya ga bisa diprediksi gitu lah.

Bahkan, saya yang jarang naik bikun sampe kepikiran untuk bikin peribahasa buat nunggu yang teramat ga jelas dengan sebutan “bagaikan menunggu bikun” saking nunggu bikun tuh ngeselin bangedh. Agak memaksa sebenarnya sih, saya tau. >.<

Bikun yang hadir dalam berbagai jenis ini sangat membantu mahasiswa dalam mobilisasi di dalam kampus. Apalagi bikun beroperasi sampe malem gitu (kalo gak salah ampe jam 9 ya?). Tapi, katanya kalo naik bikun yang jam 9 malem jangan ngeliat ke bagian belakang bikun soalnya katanya suka ada pemandangan aneh bin bikin merinding disko gitu (maksa)

Bikun ada dua rute, yaitu lingkar dalam dan lingkar luar. Tandanya itu stiker warna biru dan merah yang tertempel di bagian depan bikun. Kalo merah, berarti setelah Kober (baca: stasiun UI) dy ke Hukum (makara FH warnanya merah). Nah, kalo yang warnanya biru, berarti abis dari Kober dy belok ke fakultas saya tercinta, psikologi ui,,huhuy… (makara fakultas saya warnanya biru).

Biasanya saya jadi pengguna bikun kalo ke fakultas-fakultas selain FISIP, FIB, FH, FASILKOM (baca: ya iyalah!!!). Itu berarti kalo mo ke BNI pun saya naik bikun karena BNI letaknya di belakang FKM, so, naik bikun deh saya, sodara-sodara.

Biasanya dulu awal-awal kalo mo ke FKM, saya nunggu bikunnya di seberang FH (baca: barel) karena abis FH, MUI, rektorat, langsung FKM, tapi sekarang-sekarang, mo kemana ajah, saya nunggu bikunnya di halte bikun psiko. Soalnya sederhana, ada tempat duduk, jadi kaki saya gak kram karena nunggu bikun yang ga jelas kapan datengnya itu. (ck ck….)

Oya, kalo naik bikun, peraturannya udah jelas : SIMPEN HP DI TEMPAT TERDALAM TAS. Trus, PAKE TAS DI DEPAN. Hehe, itu mah udah jadi etika umum banget deh dari kapan tau. (nggak juga sih, sebenernya dari pengalaman aja)

Soalnya banyak banget kasus kehilangan di bikun, sampe ada temen saya yang bilang “belum naik bikun kalo belum dicopet”. Ih,, males deh!!!

Alhamdulilah, saya bukan pengguna setia bikun jadi masih dilindungi dari kecopetan-kecopetan semacem itu. Tapi, saya jadi mikir, berarti bikun udah jadi ladang mai’syah (selain buat para supirnya tentunya) gitu yah saking rutin bangetnya ada yang kecopetan di dalem bikun *hehe*.

Moral of the story :
BIKUN = ladang ma’isyah…. (maksa)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tentang bis kuning tersayang…"

Comment